Sukses

Parenting

Bayi Tetap Sehat di Musim Hujan

Bakteri akan tumbuh subur dan tidak jarang sangat mudah merusak sistem kekebalan pada tubuh terlebih pada bayi di musim hujan. Berbagai macam virus akan sangat mudah melumpuhkan antibodi pertahanan tubuh bukan hanya pada orang dewasa tetapi juga pada anak-anak khususnya bayi. Penyakit langganan yang sering menyapa di musim hujan adalah pilek, flu dan juga batuk-batuk. Mengingat penularan virus influensa begitu mudah, orangtua tentunya harus pandai-pandai menjaga kesehatan dirinya dan buah hatinya bukan. Lalu bagaimana agar bayi tetap sehat di musim hujan? Seperti dilansir pada babycareforyou.com inilah yang perlu Anda ketahui dalam menjaga kesehatan buah hati Anda di musim hujan.

    Kebersihan Tubuh

    Kebersihan merupakan hal pokok yang perlu Anda perhatikan sebagai orangtua demi menjaga diri dan bayi Anda untuk selalu sehat dan kebal terhadap virus. Pastikan bayi Anda mandi setidaknya satu kali dalam sehari. Seusai mandi, segera lap tubuh bayi Anda dengan handuk kering untuk mengeringkan air yang menempel di tubuhnya.

    Makanan dan Minuman

    Batasi memberikan makanan dan minuman pada bayi Anda dengan makanan yang dibeli dari luar. Pastikan untuk tidak membeli makanan pinggir jalan untuk Anda ataupun bayi Anda di musim hujan. Tidak jarang makanan pinggir jalan di musim hujan lebih rentan terhadap virus dan bakteri yang bisa menyerang tubuh.

    Asupan Air

    Asupan air yang cukup penting diperhatikan saat musim hujan. Konsumsi air yang direbus hingga titik didih maksimal demi mendapatkan air sehat. Jika Anda pergi keluar rumah, hindari membawa botol minuman saat hujan karena bisa jadi air ini nantinya tercemar oleh air hujan.

    Cuci Tangan

    Sebelum menyusui bayi, makan ataupun minum pastikan untuk selalu mencuci tangan. Cuci tangan setidaknya memperkecil kemungkinan virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh Anda maupun bayi Anda.

    Cegah Lalat

    Lalat adalah hewan yang sering mengganggu di musim penghujan dan populasinya juga akan semakin bertambah. Agar bayi tetap sehat, jauhkan segala makanan, minuman dan perabotan ataupun lingkungan sekitar Anda dari Lalat. Mengusir Lalat dapat dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan.

    Vitamin D Dari Cahaya Matahari

    Agar bayi Anda selalu sehat, usahakan untuk memberikan sinar matahari pagi yang cukup baginya. Ajak bayi Anda berjalan di teras rumah atau di taman saat matahari pagi menampakkan dirinya. Tetapi ingat, ajaklah bayi Anda keluar rumah saat cuaca sedang bersahabat. Jangan mengajak bayi Anda keluar rumah saat hujan ataupun cuaca kurang memungkinkan bayi berada di luar rumah.

    Kuku

    Bayi juga memerlukan perawatan kuku. Kebiasaan bayi adalah memasukkan segala barang di dekatnya ke dalam mulut termasuk kuku tangan. Agar bayi sehat di musim hujan, pastikan selalu menjaga kebersihan kuku bayi Anda.

    Gunakan Kelambu

    Kelambu sangat perlu digunakan saat musim hujan. Kelambu akan melindungi bayi Anda dari gigitan nyamuk penyebab penyakit demam berdarah ataupun malaria. Kelambu juga melindungi bayi Anda saat tidur dari segala serangga.

    Pakaian

    Pada musim hujan, usahakan untuk selalu memberikan pakaian hangat kepada bayi Anda. Pakaikan pakaian lengkap dari sarung tangan, kaos kaki, topi dan baju panjang untuk menghindari hawa dingin musim hujan secara langsung menusuk tubuh bayi mungil Anda.

Cukup mudah untuk selalu menjaga kesehatan bayi. Selalu pastikan pola hidup yang sehat dan berada pada lingkungan yang sehat pula demi mendapatkan bayi tetap sehat di musim hujan. Semoga bermanfaat :)

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading