Sukses

Parenting

Agar Melahirkan Normal Tidak Sakit, Vitamin D Bisa Membantu

Sebentar lagi para wanita bisa bernapas lega, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa vitamin D dapat mengurangi rasa sakit saat persalinan atau proses melahirkan. Peneliti menemukan bahwa wanita yang kekurangan vitamin D di saat melahirkan lebih mungkin meminta epidural untuk meringankan rasa sakit saat persalinan.

Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan dari The American College of Obstetricians dan Gynecologists. Untuk hasil yang akurat, penelitian ini dilakukan pada 96 wanita yang sedang dalam proses melahirkan. "Kami menemukan bahwa pasien dengan kadar rendah vitamin D mengalami meningkatkan rasa sakit saat melahirkan," ujar dr. Andrew Geller, seorang ahli anestesi di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, dilansir oleh dailymail.co.uk.

Masih menurut dr. Andrew, kekurangan vitamin D telah lama dikaitkan dengan peningkatan rasa sakit dan depresi. Berdasarkan data penelitian, banyak wanita kekurangan vitamin D selama masa kehamilan, khususnya bagi mereka yang enggan mengonsumsi produk hewani, kurang terpapar sinar matahari dan yang berasal dari etnis minoritas.

Karena itu, sangat disarankan pada wanita yang sudah memasuki masa melahirkan untuk memperbanyak asupan makanan yang banyak mengandung vitamin D, misalnya jus buah, minyak ikan dan susu. Disarankan juga untuk beraktivitas di luar ruangan saat pagi hari, karena sinar matahari pagi membantu memecah vitamin D.

"Mengingat hasil penelitian, pencegahan terhadap kekurangan vitamin D pada ibu hamil akan memberi dampak berkurangnya rasa sakit saat persalinan, ini dialami jutaan wanita setiap tahun," ujar dr. Andrew.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading