Sukses

Parenting

Inilah Alasan Kenapa Banyak Wanita Sulit Membangun Ikatan Batin dengan Bayinya

Bunda, apakah Anda pernah merasa kesulitan untuk mengasuh atau menjalin ikatan yang kuat dengan bayi Anda sendiri? Ternyata ada penjelasan ilmiah untuk hal itu. Penjelasan ini sangat berkaitan dengan sebuah hormon cinta yang bernama oksitosin.

Seperti yang dilansir oleh dailymail.co.uk, jalinan ikatan dalam otak yang membuat seorang ibu bisa dekat dengan bayinya itu sudah terbentuk saat masa kanak-kanak yang kemudian juga diteruskan ke keturunan yang selanjutnya. Dengan kata lain jika Anda punya hubungan yang buruk dengan ibu Anda, maka Anda pun akan kesulitan untuk membangun kedekatan dengan bayi Anda sendiri.

Kata kunci dalam penjelasan ini adalah sebuah "hormon cinta" yang disebut oksitosin. Sampel darah yang diambil dari para wanita yang punya masalah dengan ibunya menunjukkan adanya defisit hormon oksitosin dalam darahnya. Sementara para wanita yang dulu punya hubungan masa kanak-kanak yang dekat dengan ibunya memiliki produksi hormon oksitosin yang cukup.


Profesor Valsamma Eapen yang merupakan kepala Infant, Child, and Adolescent Psychiatry menjelaskan bahwa pola asuh yang pernah kita dapatkan sangat berpengaruh pada kadar hormon oksitosin yang kita miliki.

Oksitosin adalah hormon yang diproduksi wanita ketika hamil, melahirkan, dan dalam memproduksi air susu. Hormon ini juga sangat dipengaruhi oleh perlakuan yang kita terima dari lingkungan sekitar dan juga gangguan suasana hati (mood) yang kita punya.

Apabila seorang ibu memiliki kadar hormon oksitosin yang cukup, ia bisa dengan mudah meningkatkan ikatan batin dengan bayinya. Sementara dalam persalinan, oksitosin juga berfungsi untuk mencegah perdarahan, dan merangsang kontraksi.

Untuk meningkatkan kadar hormon oksitosin ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya adalah mendapatkan lingkungan yang nyaman, berciuman, berhubungan seksual, mendapatkan pijatan, dan mendapatkan perhatian dari orang terdekat seperti pasangan atau ibu kandung.

Naik turunnya hormon oksitosin ini sangat dipengaruhi oleh kondisi emosional. Jadi jika Anda ingin bisa membangun ikatan batin yang lebih kuat dengan bayi Anda, cobalah untuk memperbaiki hubungan Anda dengan ibu kandung Anda sendiri.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading