Sukses

Parenting

Cara Menyiasati Bayi yang Gampang Menangis Jika Diganti Pakaiannya

Seorang ibu biasanya merasa bingung saat bayinya selalu menangis setiap kali diganti pakaiannya. Dan ternyata banyak bayi yang memang suka rewel ketika pakaiannya diganti. Salah satu penyebabnya adalah karena rasa tidak nyaman beralih dari kondisi hangat ke kondisi yang lebih dingin lalu kembali hangat lagi. Saat bayi sudah merasa tidak nyaman, ia pun akan menangis. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

Dilansir dari parents.com, sejumlah faktor bisa jadi penyebab bayi Anda menangis ketika pakaiannya diganti. Pertama, tubuh bayi tidak bisa menyesuaikan suhu di sekitarnya dengan cepat. Sehingga ketika bajunya dilepas, ia akan merasakan perubahan suhu yang sangat dramatis dan butuh waktu yang lama untuk menyesuaikan suhunya lagi ketika sudah dipakaikan baju.

Kedua, bayi yang sangat sensitif terhadap sentuhan bisa merasa sangat tidak nyaman ketika tubuhnya disentuh, ditarik sana sini, dan memakai baju dengan pas.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar bayi tidak mudah menangis atau rewel ketika bajunya diganti.

1. Lakukan Secepat Mungkin tapi Tetap Tenang
Sebelum mengganti pakaian bayi Anda, usahakan sudah mempersiapkan semuanya, termasuk pakaian ganti atau tisu dan handuk. Ganti pakaian bayi di tempat tertutup yang hangat dan di tempat yang nyaman.

2. Gunakan Selimut Hangat
Saat mengganti pakaian bayi Anda, usahakan tidak membiarkannya telanjang bulat. Setidaknya gunakan selimut atau handuk hangat untuk menjaga tubuhnya tetap hangat ketika Anda melepas bajunya dan mempersiapkan baju yang baru untuknya.

3. Bernyanyi atau Mengajaknya Mengobrol
Alihkan perhatiannya dengan nyanyian atau kata-kata dari Anda. Saat pikirannya sudah beralih, ia bisa mengabaikan sejenak rasa tidak nyaman dalam tubuhnya ketika diganti pakaiannya.

4. Tetap Tenang
Apabila Anda terlihat marah atau terburu-buru, bayi Anda akan dengan mudahnya mengenali hal tersebut. Ekspresi wajah, nada bicara, dan sentuhan Anda akan sangat mempengaruhinya. Tarik napas dalam-dalam dan coba berikan pengertian bahwa Anda tahu bayi Anda merasa tak nyaman saat bajunya diganti dan sampaikan bahwa hanya butuh waktu sebentar saja untuk mengganti pakaiannya.  Meskipun bayi belum memahami kata-kata Anda tapi nada suara lembut Anda bisa mengirimkan pesan yang tepat dan membuatnya tenang dengan sendirinya.

Para ibu muda mungkin akan merasa kesulitan dan kebingungan di awal-awal pengalamannya mengganti pakaian bayi. Saat sang ibu belum luwes mengganti pakaian sang bayi, bayi terkadang juga dengan mudah rewel. Tapi seiring dengan berjalannya waktu dan semakin sering sang ibu mengganti pakaiannya, maka bayi pun lama kelamaan akan menemukan kenyamanan dan ketenangannya sendiri saat diganti pakaiannya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading