Sukses

Parenting

5 Manfaat Membacakan Dongeng Secara Rutin ke Balita

Apakah Anda sudah bisa meluangkan waktu untuk membacakan cerita atau dongeng untuk anak Anda setiap hari? Saat ini, dengan alasan kesibukan dan pekerjaan, banyak orang tua yang kehilangan momen penting bersama anak-anak dan membacakan cerita secara rutin. Padahal mendongeng atau membacakan cerita bisa memberikan banyak sekali dampak positif bagi anak-anak. Seperti yang dilansir dari momjunction.com, ada sedikitnya lima manfaat positif yang bisa diperoleh anak ketika orang tua bisa meluangkan waktu setiap hari untuk membacakan cerita.

    Menanamkan Nilai-Nilai Kebaikan

    Semua anak di seluruh dunia suka mendengarkan cerita. Anak-anak selalu punya rasa ingin tahu yang besar tentang karakter cerita yang mereka dengar dan malah ingin meniru karakter favoritnya tersebut. Dengan menceritakan sebuah kisah yang penuh makna kebaikan dan hal-hal positif, secara tidak langsung Anda sedang menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak Anda.

    Meningkatkan Kemampuan Verbal

    Membacakan cerita ke anak-anak bisa membuat mereka terbiasa dengan bahasa yang digunakan sekaligus mempelajari kata-kata baru dengan cara yang menyenangkan. Mendongeng adalah sebuah teknik yang sangat ampuh untuk bisa melatih anak-anak terbiasa dengan bahasa sehari-hari yang digunakan. Selain itu kemampuan mendengar anak-anak juga akan meningkat secara signifikan. Saat anak mendengar cerita, mereka bisa lebih fokus sekaligus belajar untuk memahami sesuatu dengan baik.

    Mempertajam Daya Ingat

    Anda bisa mencoba memancing anak Anda untuk mengingat kembali cerita yang sudah diceritakan beberapa hari sebelumnya. Cara ini adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan daya ingat dan mempertajamnya. Untuk balita, Anda bisa menggunakan buku bergambar, lalu menyebutkan nama karakter tertentu dan meminta anak Anda untuk menunjuk gambar karakter yang Anda sebutkan.

    Memperluas Wawasan

    Melalui cerita dan dongeng, Anda bisa mengajak anak Anda untuk mengenal ragam budaya yang berbeda-beda. Pemahaman anak tentang dunia yang luas akan lebih mudah ditanamkan jika disampaikan dengan cara yang menyenangkan, seperti membacakan cerita atau dongeng.

    Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

    Terkadang anak-anak ragu untuk bertanya. Meskipun pikiran mereka penuh akan pertanyaan, mereka sering tak tahu bagaimana cara mengeluarkan pertanyaan tersebut. Melalui media mendongeng atau membacakan cerita, Anda bisa memancing anak Anda untuk bertanya dan menyampaikan sesuatu. Keingintahuan anak-anak biasanya besar sekali dan apabila bisa diakomodasi dengan baik, ia akan tumbuh menjadi anak dengan kemampuan komunikasi yang baik dan percaya diri.

Agar anak mendapat manfaat besar dari kegiatan mendongeng atau cerita yang Anda bacakan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

  • Panjang cerita. Pilihlah cerita yang tidak terlalu pendek atau panjang, dengan tetap memperhatikan pesan dari cerita tersebut.
  • Pilihlah tempat duduk yang nyaman.
  • Buat awalan yang menarik agar anak sudah terpancing untuk mendengarkan cerita mulai dari awal.
  • Gunakan ekspresi yang sesuai dan bacakan cerita dengan suara yang jelas tanpa harus terburu-buru.
  • Libatkan anak Anda dengan melontarkan sejumlah pertanyaan ringan seperti, "Tahu tidak kalau...?" "Pernah dengar suara ini?" dan lain sebagainya.

Luangkan waktu sekarang juga. Saatnya Anda membangun karakter anak Anda sejak dini.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading