Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Gatal di Perut dan Payudara Saat Hamil

Kehamilan adalah masa yang membahagiakan. Wanita yang baru pertama kali mengalami kehamilan biasanya kaget dengan banyaknya perubahan pada tubuh. Selain bagian perut dan payudara yang membesar, kaki bengkak dan gatal di beberapa area menjadi hal yang sering dialami wanita. Tapi tenang saja, kehamilan Anda akan tetap lancar dengan beberapa tips ini, dilansir oleh babycenter.com.

Penyebab Gatal di Perut dan Payudara

Ibu hamil sering merasa gatal di area perut, payudara dan pinggul. Penyebab gatal ini biasanya adalah pemuaian kulit karena area tersebut secara alami akan membesar seiring bertambahnya usia kehamilan. Perubahan hormon pada masa kehamilan juga menjadi salah satu penyebab gatal. Ada beberapa wanita yang mengalami gatal ringan, ada juga yang sampai mengalami ruam merah pada kulit. Hindari menggaruk bagian gatal, karena kemungkinan akan membuat kondisi lebih parah.

Untuk mengatasi masalah gatal ringan hingga sedang, Anda bisa mengaplikasikan tips-tips ini.

    Oleskan Lotion Atau Minyak Zaitun

    Jika gatal yang Anda rasakan karena kulit yang memuai atau kulit kering, Anda bisa mengoleskan lotion di area yang terasa gatal. Usapkan perlahan hingga rasa gatal berkurang dan hilang. Minyak zaitun atau baby oil juga bisa menjadi pilihan alami. Anda bisa mengoleskan di area yang gatal, sehingga kulit yang kering lebih lembab.

    Hindari Mandi Air Panas

    Kulit yang sedang mengalami pemuaian biasanya kering dan hilang kelembabannya. Maka hindari mandi dengan air hangat yang cenderung panas. Walaupun rasanya lebih nyaman, akan lebih baik jika Anda main air hangat suam kuku atau yang cenderung dingin. Setelah selesai mandi, selalu oleskan lotion di seluruh tubuh, termasuk area yang sering terasa gatal.

    Kompres dengan Air Es

    Tubuh terasa panas dan kulit jadi gatal, duduklah di ruangan yang dingin atau teduh, lalu kompreslah bagian yang terasa gatal dengan es atau air es yang sudah dimasukkan dalam wadah. Diamkan sejenak hingga rasa gatal hilang.

    Pakai Baju dan Pakaian Dalam Yang Menyerap Keringat

    Ibu hamil biasanya sering merasa panas dan berkeringat. Agar Anda merasa lebih nyaman dan tidak mengalami gatal, pakailah baju yang nyaman dan longgar, kain berbahan katun yang menyerap keringat akan lebih baik. Begitu juga dengan pakaian dalam Anda, pilih yang berbahan nyaman dan polos tanpa renda.

    Hindari Kondisi Panas

    Karena ibu hamil cenderung mudah merasa panas dan suhu tubuh cepat naik, sebisa mungkin hindari aktivitas luar ruangan yang lama, terutama saat matahari sedang terik. Jika terpaksa, pakailah baju yang nyaman seperti poin sebelumnya dan pakailah payung. Akan lebih baik jika Anda sering berada di ruangan yang teduh dan bersirkulasi udara yang lancar.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pakai. Jika gatal masih terasa dan makin tidak nyaman, segera konsultasikan ke dokter. Jangan sembarangan memberi lotion penghilang gatal, karena ada beberapa bahan dan obat-obatan yang tidak boleh digunakan ibu hamil. Semoga tips ini bisa membuat kehamilan Anda tetap menyenangkan.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading