Sukses

Parenting

Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Masa kehamilan adalah masa yang membahagiakan bagi para wanita. Menanti sang janin tumbuh hari demi hari akan membuat para wanita tak sabar melihat seperti apa wajah sang bayi saat dilahirkan. Namun dari semua kebahagiaan itu, kadang terselip kekhawatiran rambut yang rontok parah di masa kehamilan.

Jika Anda mengalami hal ini, Anda tidak sendirian. Jutaan wanita yang sedang hamil juga mengalami masalah yang sama. Kerontokan ini bervariasi, ada yang masih dalam batas normal (tidak lebih dari 100 helai perhari), hingga ada yang sudah parah. Sebenarnya apa penyebab rambut rontok di masa kehamilan?

Pengaruh Hormon Saat Kehamilan Untuk Melindungi Bayi

Dr. Schwartz dalam situs Newsmaxhealth.com menjelaskan bahwa faktor paling mungkin adalah pengaruh perubahan hormon selama masa kehamilan.

"Keseimbangan hormon Anda bergeser secara drastis dan hormon tersebut akan digunakan sangat banyak untuk pertumbuhan janin. Saat bayi sudah lahir, hormon tersebut akan kembali normal untuk melindungi Anda, para ibu," demikian yang ditulis Dr. Schwartz.

Tetap Rontok Setelah Melahirkan

Namun kadang, rambut masih tetap rontok beberapa bulan setelah melahirkan. Dr. Schwartz menjelaskan bahwa hal ini lebih mungkin disebabkan oleh stres. Wanita yang baru melahirkan sering berada dalam kondisi lelah, bangun tengah malam, kurang tidur dan stres karena tugas baru sebagai ibu.

Pengaruh stres inilah yang pada akhirnya merusak kesehatan rambut dan menyebabkan rambut rontok. Namun Anda bisa mengurangi kerontokan tersebut dengan beberapa cara di bawah ini:

    Gunakan Tonik Alami

    Tonik adalah cara yang ampuh untuk menguatkan akar rambut, baik di masa kehamilan atau setelah melahirkan. Akan lebih baik jika tonik ini berbahan dasar alami atau Anda buat sendiri. Anda bisa memakai minyak kemiri, oleskan di kulit kepala, diamkan minimal 1 jam, lalu keramas seperti biasa.

    Perhatikan Nutrisi

    Selain untuk janin, Anda harus memastikan bahwa tubuh Anda sendiri tidak kehilangan nutrisi. Pastikan Anda tetap mengonsumsi buah segar, ikan laut, daging, ayam dan sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin yang banyak.

    Minum Vitamin

    Jika kerontokan rambut Anda sudah parah, Anda bisa konsultasikan pada dokter. Biasanya, dokter akan memberikan vitamin khusus yang bisa Anda minum secara rutin. Pastikan Anda tidak minum sembarang obat saat sedang mengandung.

Semoga tips ini bisa membuat rambut Anda tetap kuat dan bersemangat menikmati masa kehamilan.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading