Sukses

Parenting

5 Tips Membuat Bayi Anda Lebih Cepat Berbicara

Ada sebuah fakta yang wajib diketahui semua ibu. Faktanya adalah ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang tua yang sering mengajak bicara bayinya maka bayinya akan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Terkadang seorang ibu bisa sangat khawatir ketika mengetahui bahwa bayinya belum juga bicara, seolah-olah terlambat bicara itu akan menghambat tumbuh kembang sang bayi. Jika Anda ingin bayi Anda bisa cepat berbicara, ada lima tips yang dilansir dari parents.com ini yang bisa Anda ikuti.

Mulai Sedini Mungkin
Mengajak bayi yang baru lahir untuk berbicara bisa membantunya untuk lebih cepat berbicara. Selain itu, bayi yang sudah sering diajak bicara oleh orang tua juga akan memiliki kosakata yang sangat kaya. Meskipun bayi Anda belum bisa merespon pembicaraan atau obrolan Anda, tetapi otak bayi Anda sudah mampu merespon suara dengan baik. Melinda Caskey, M. D. seorang asisten profesor di Brown University mengungkapkan bahwa bayi bisa menyerap lebih banyak hal yang mungkin tak pernah Anda kira sebelumnya.

Berikan Informasi dan Deskripsi
Coba berikan informasi dari setiap hal atau benda yang bayi Anda lihat atau perhatikan. Misalnya, ketika bayi Anda terlihat memperhatikan sebuah boneka kelinci, sampaikan bahwa itu namanya kelinci dan warnanya putih. Gunakan istilah-istilah sederhana yang menggambarkan ukuran, rasa, warna, dan bentuk dari setiap hal yang bayi Anda perhatikan.

Membaca Buku Bersama-Sama
Anda tak perlu membacakan sebuah buku persis sama dengan alur ceritanya. Anda bisa misalnya mengajak bayi Anda untuk menyentuh gambar-gambar yang ada di buku tersebut. Buku bergambar juga sangat bagus untuk bayi Anda karena Anda bisa mencoba membuat cerita dan dongengnya sendiri.

Buat Dialog
Setiap kali bayi Anda mengoceh, berilah tanggapan. Anda bisa memberi tanggapan seolah-olah Anda sedang berdialog dengannya. Selain itu, Anda juga bisa coba untuk mengomentari apa yang ia lihat dan ia tunjuk. Dengan memberikan tanggapan atau jawaban, secara tidak langsung Anda juga memperlihatkan pada bayi Anda seperti apa percakapan itu.

Matikan Televisi
Lho? Bukannya bayi bisa mendapatkan lebih banyak kosakata dari menonton acara di televisi? Peneliti di University of Washington menemukan bahwa bayi yang berusia 8 hingga 16 bulan berpeluang kehilangan kesempatan menguasai 6-8 kosakata setiap menghabiskan satu jam menonton televisi. Dalam perkembangan kemampuan berbicara, interaksi sosial sangatlah penting sementara televisi cenderung menyajikan informasi yang membuat penontonnya pasif. Daripada membiarkan bayi atau balita Anda menonton televisi, lebih baik Anda mengajaknya mengobrol dan berinteraksi langsung.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading