Sukses

Parenting

Apa Sih Keuntungan Menggunakan Clodi (Cloth Diapers) Untuk Bayi Anda?

Dengan berbagai macam popok bayi yang beredar di pasaran, seringkali orang tua kebingungan memilih mana yang cocok untuk buah hatinya. Meskipun begitu, para ahli menyatakan penggunaan popok kain (cloth diapers) memiliki banyak keuntungan daripada popok sekali pakai (disposable diapers).

Sekalipun disposable diapers menghemat banyak waktu dan tenaga karena tak perlu dicuci, namun ternyata cloth diapers (atau sering disebut clodi) tak kalah unggul lho baik dari segi kesehatan maupun keamanan bagi bayi. Masih ragu? Dilansir oleh boldsky.com, simak 5 keuntungan menggunakan cloth diapers berikut ini:

Menghindari Alergi

Penggunaan clodi akan mengurangi risiko alergi kulit bayi. Alergi yang disebut diaper rash ini umumnya terjadi karena gesekan bahan disposable diapers ke kulit bagi. Clodi menggunakan bahan yang alami dan lebih lembut serta akan lebih sering diganti saat sudah basah.

Toilet Training

Menggunakan clodi akan membantu Bunda untuk mengajari toilet training lebih mudah saat ia besar nanti. Selama toilet training, anak yang terbiasa menggunakan clodi akan lebih mudah menyadari celananya basah dan perlu ke kamar mandi daripada anak yang biasa menggunakan disposable diapers.

Hemat Biaya

Clodi terbukti menghemat lebih banyak biaya karena sifatnya yang dapat dipakai berulang kali dengan dicuci. Selain itu, sekalipun bayi semakin bertumbuh besar, ukuran clodi dapat disesuaikan sehingga Anda tak perlu membeli clodi yang baru. Tentunya hal ini tidak dapat Anda dapatkan dari penggunaan disposable diapers.

Tidak Mengandung Bahan Kimia

Salah satu alasan banyak orang tua di dunia memilih clodi untuk bayinya adalah clodi tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit bayi.

Kenyamanan

Bahan clodi yang umumnya terbuat dari kain katun memberikan kesempatan kulit bayi untuk bernafas, sehingga bayi terhindar dari alergi. Pilih clodi yang terbuat dari bahan gauze, katun, flannel dan terry agar bayi nyaman.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading