Sukses

Parenting

Cara Mudah Membuat si Kecil Tidur Siang

Bunda, memang bayi tidak perlu diajari untuk tidur siang, karena mereka memiliki naluri untuk melakukannya secara alami, mengingat si kecil dalam fase pertumbuhan yang penting, kebutuhan tidur harus terpenuhi secara maksimal. Berikut ini tips mudah untuk mengajari si kecil bagaimana caranya untuk mendapatkan tidur siang yang baik seperti dilansir dari babyzone.comberikut ini.

1. Atur jadwal

Bayi membutuhkan waktu tidur yang berbeda dibandingkan dengan orang dewasa, pada usia 6 bulan misalnya, bayi membutuhkan dua kali tidur siang dalam satu hari. Tidur pendek di pagi hari dan tidur siang panjang hingga sore hari. Sangat disarankan, setidaknya buah hati Anda selalu tidur siang minimal hingga usianya 4 tahun. Sebaiknya Anda mengatur jadwal tetap setiap pukul berapa buah hati Anda harus bersiap untuk tidur siang dan juga jam berapa si kecil harus bangun.

2. Atur suasana hati si kecil

Agar si kecil mendapatkan kualitas tidur yang baik, Anda juga perlu mengatur suasana yang mendukung si kecil bisa tidur pulas, seperti mempertahankan suhu kamar tetap nyaman untuk tidur, disarankan sebaiknya sirkulasi udara lancar dan udara tidak memanas. Perhatikan juga kasur si kecil, tempat tidur yang sesuai untuk usia si kecil banyak tersedia di berbagai toko perlengkapan bayi. Selain itu, sebaiknya usahakan suasana di rumah Anda tidak ramai.

Setelah bayi bangun dari tidur siangnya, angkat bayi Anda dari tempat tidur dan sapa dengan riang. Dengan ritme seperti ini, si kecil lambat laun akan belajar untuk menepati jadwal tidurnya.

3. Jangan melakukan kesalahan

Sebaiknya hindari masalah yang berhubungan kebiasaan tidur si kecil, seperti selalu memberikan susu, memberikan mainan, atau membiarkan anak Anda bermain hingga kelelahan dan jatuh tertidur. Hal seperti ini tidak akan membuat si kecil belajar untuk mematuhi jadwal tidurnya, karena dia pasti akan menunggu apa yang biasanya bisa membuatnya tertidur.

4. Tidur nyenyak

Jangan pernah berpikir bahwa mendorong si kecil untuk tidur siang hanya sekedar memberikan Anda waktu untuk beristirahat. Pertumbuhan otak si kecil sangat terbantu dengan waktu tidur siang yang cukup. Sebaiknya Anda juga melihat jadwal tidur siang si kecil sebagai waktu emas untuk pertumbuhannya, Anda juga sebaiknya ikut menikmati waktu-waktu tersebut untuk beristirahat di sampingnya, menjaga dan menenangkannya.

Nah, lihat deh betapa lucunya kalau si kecil sedang tertidur pulas, yuk lihat koleksi foto si kecil yang sedang tidur nyenyak.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading