Sukses

Parenting

4 Masalah yang Biasanya Dialami Ibu Saat Merawat Bayi yang Usianya Belum Genap Satu Minggu

Ketika memiliki bayi untuk pertama kalinya, biasanya akan ada banyak hal yang butuh penanganan khusus. Saat bayi belum berusia genap satu minggu, ada sejumlah hal penting yang perlu Anda ketahui. Dilansir dari parents.com, setidaknya ada empat hal penting yang perlu diketahui tentang bayi yang baru lahir.

Waktu Tidur Bayi
Ya, bayi yang baru lahir bisa tidur selama 20 jam per hari. Tetapi waktu 20 jam itu bukan waktu untuk sekali tidur. Artinya, bayi bisa tidur dan bangun beberapa kali dalam sehari. Sebagai orang tua, hal ini bisa sangat mengganggu. Jika Anda tidak bisa tidur dengan waktu atau jam yang lompat-lompat, Anda bisa meminta bantuan ke orang terdekat Anda. Misalnya, Anda bisa meminta bantuan kepada suami dan ibu Anda untuk bisa bergantian jaga. Jadi, Anda bisa mendapatkan waktu tidur yang tepat dan bisa segar kembali saat terbangun.

Menenangkan Bayi
Bayi yang baru lahir biasanya akan rewel. Salah satu penyebabnya adalah karena adanya perubahan suasana. Setelah sebelumnya bayi berada di dalam kandungan selama beberapa bulan dan sudah merasa nyaman lalu harus keluar dan menghirup udara dunia, ia harus kembali menyesuaikan dirinya. Cara untuk menenangkan bayi yang rewel adalah mencoba untuk membuat suasana yang nyaman seperti mengayun-ayun tubuhnya, menggendongnya dengan sisi miring, dan membiarkan bayi menghisap jari Anda. Atau Anda bisa coba untuk memakaikan baju hangat pada bayi dan membawanya keluar rumah untuk mendapatkan udara yang segar.

Memandikan Bayi
Memandikan bayi bisa jadi kegiatan yang paling membuat seorang ibu muda merasa grogi dan penuh rasa khawatir. Untuk mengatasinya cobalah untuk tetap tenang dan lakukan dengan perlahan. Gunakan spons mandi untuk memandikan bayi Anda. Letakkan semua peralatan mandi dalam satu tempat yang mudah dijangkau atau diraih. Ketika sudah selesai memandikan, balut bayi Anda dengan handuk.

Sembuh dari Rasa Sakit Setelah Melahirkan
Agar bisa cepat sembuh dan fokus untuk mengembalikan kekuatan tubuh Anda, jangan ragu untuk meminta bantuan ke orang-orang terdekat Anda. Delegasikan pekerjaan rumah tangga ke orang lain sehingga Anda bisa tetap fokus menjalani proses kesembuhan Anda.

Merawat bayi yang usianya belum genap satu minggu mungkin akan terasa sangat berat dan melelahkan. Tapi, tak perlu menjadikan hal ini sebagai beban karena Anda tidak sendiri. Para ibu muda lain di luar sana juga memiliki kesulitan dan tantangan yang sama seperti yang Anda hadapi.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading