Sukses

Parenting

Tips Agar Si Kecil Berani Tidur Sendirian

Semakin hari, si kecil mulai bertumbuh besar. Anda mulai berpikir untuk melatihnya tidur sendiri di tempat tidur atau kamarnya sendiri. Tapi, kekhawatiran muncul. Bagaimana jika hal ini tidak berhasil? Apakah sekarang saat yang tepat untuk melakukannya?

Bunda, apakah Anda sedang merasakan hal yang sama? Mengubah kebiasaan tidur si kecil yang awalnya tidur bersama Anda kemudian harus tidur sendiri memang tak mudah. Banyak anak yang justru ketakutan saat memasuki fase ini. Dilansir oleh babycentre.co.uk, berikut tips membuat anak Anda nyaman tidur di tempat tidur atau kamarnya sendiri untuk pertama kalinya:

  1. Tempatkan barang-barang yang biasa ada di tempat lama ke tempat tidur baru. Hal ini dapat menenangkan si kecil dan membuatnya merasa senyaman di tempat terdahulu.
  2. Beritahu si kecil beberapa minggu sebelum ia pindah ke tempat barunya agar ia siap.
  3. Ajaklah si kecil berbelanja perlengkapan untuk kamar barunya. Dengan cara ini, ia akan merasa diberi kebebasan untuk mengatur sendiri ruang privasinya yang pertama.
  4. Jika si kecil tampak sangat khawatir dengan perpindahan kamar barunya, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk merayakan pesta kecil-kecilan. Tujuannya agar ia merasa gembira dan melihat fase ini sebagai hal yang menyenangkan, bukan menyeramkan.

Untuk beberapa anak, fase tidur sendiri bukanlah hal yang mudah dilalui. Tetapi ingat, jangan menyerah dan jangan memarahi si kecil ya, Bunda. Meski butuh waktu, saat fase ini berhasil dilalui, Anda akan menyadari ia telah tumbuh semakin dewasa. Semoga berhasil!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading