Sukses

Parenting

5 Tips Memilih Dot Yang Aman Untuk si Kecil

Bicara tentang dot, hampir seluruh anak di dunia pernah punya pengalaman dengannya. Bisa dibilang dot adalah 'cinta pertama' anak-anak dan sangat sulit untuk melepaskan kebiasaan ngedot ini saat ia beranjak besar.

Memilih dot untuk perlu ketelitian lho, Bunda. Karena dot adalah mainan yang berhubungan langsung dengan mulut dan pencernaan, bahan-bahan dan keamanannya pun perlu diperhatikan dengan baik. DIlansir oleh parents.com, berikut tips memilih dot yang baik untuk si kecil:

  1. Pilih dot dengan ujung puting yang berbahan lunak
  2. Untuk ujung pelindung dot, pilih yang terbuat dari plastik dengan lubang udara. Setidaknya berukuran 1 inci dari seluruh bagian mulut bayi agar bayi tidak bisa menelannya.
  3. Umumnya, dot dirancang sesuai usia. Ada dua ukuran dot yang banyak dijual yaitu, 0-6 bulan dan 6 bulan ke atas. Pastikan memilih ukuran dot yang benar.
  4. Untuk mencegah bayi tercekik, jangan mengikat dot di sekitar tangan atau leher bayi Anda menggunakan tali. Gunakan klip khusus dot yang dapat dikaitkan di baju anak.
  5. Periksa dot secara teratur untuk melihat kerusakan dan menggantinya jika karet puting telah berubah warna atau sobek.

Yang terpenting adalah menjaga dot selalu terjaga kebersihannya dengan rutin mengganti karet dan mencucinya dengan sabun khusus dan air panas. Semoga tips ini dapat membantu Bunda memilih dot yang tepat untuk si kecil.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading