Sukses

Parenting

Ayah Juga Stres Lho Waktu Anak Pertamanya Lahir

Bunda, jika selama ini Anda sangat serius mempersiapkan diri untuk menyambut anak pertama, sebaiknya jangan lupa untuk memperhatikan kesiapan mental suami Anda. Karena ternyata ibu bukan satu-satunya orang yang menderita depresi setelah kelahiran bayinya. Seperti dilansir dari jezebel.com, ayah yang pertama kali memiliki bayi juga akan merasakan depresi atau stres pasca kelahiran buah hatinya.

Bahkan menurut penelitian terbaru dilaporkan, selama 5 tahun pertama akan menjadi masa-masa yang sulit bagi sang ayah. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Pediatrics melaporkan lebih dari 10.000 pria mengalami depresi yang meningkat hingga 68 persen bagi ayah yang berusia sekitar 25 tahun. Hal ini berhubungan dengan waktu yang digunakan untuk memberikan perhatian kepada sang anak.

Michael Weitzman, seorang profesor pediatri dan kesehatan global di New York University School of Medicine mengatakan bahwa kasus ayah yang depresi di latar belakangi oleh ibu yang juga merasa depresi dengan masalah perilaku si kecil. Yang mengkhawatirkan adalah anak-anak yang tinggal dan dibesarkan oleh orang tua yang mengalami depresi, akan memiliki resiko tinggi terhadap keterlambatan perkembangan keterampilan berbahasa, membaca, dan juga dalam hal perilaku.

Jadi bunda, ajak juga suami Anda untuk mengagumi si kecil dan juga belajar bersyukur serta mengambil hikmah terbaik dari kelahiran si kecil bagaimanapun kesulitan yang mungkin sedang dialami oleh keluarga Anda.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading