Sukses

Parenting

Mainan Seperti Apa Sih yang Cocok untuk Balita?

Pemilihan mainan yang tepat bisa membantu tumbuh kembang anak Anda. Seperti apa sih mainan yang tepat untuk anak-anak itu? Simak sejumlah tips berikut ini, yuk!

Pilih mainan yang bisa dikreasikan. Seperti yang dilansir oleh zerotothree.org, mainan yang bisa dikreasikan sesuka hati bisa meningkatkan imajinasi anak sekaligus membantu perkembangan daya pikir logis dan kemampuan menyelesaikan masalah mereka. Beberapa contoh mainan yang bisa dikreasikan antara lain balok kayu dan lego.

Pilih mainan yang bisa dipakai selama beberapa tahun ke depan. Ada beberapa mainan yang hanya bisa dimainkan selama beberapa hari dan tak dipakai lagi. Bunda, untuk mencari mainan yang sekiranya bisa digunakan untuk beberapa tahun ke depan, Anda bisa mencari jenis mainan seperti mainan plastik dan boneka berbentuk hewan.

Pilih mainan yang bisa merangsang rasa ingin tahu anak. Puzzle dan bahan-bahan untuk membuat kerajinan seperti krayon, cat, dan tanah liat bisa dijadikan sebagai mainan yang bisa dengan mudah merangsang rasa ingin tahu anak. Mainan yang seperti itu bisa membantu perkembangan daya pikir spasial mereka sekaligus membantu perkembangan motorik dan koordinasi tangan serta mata.

Pilih mainan yang bisa membuat anak Anda lebih aktif. Bola dengan berbagai ukuran dan sepeda tiga roda adalah jenis mainan yang bisa membuat anak Anda bisa bergerak lebih aktif. Mainan yang bisa membuat anak Anda lebih aktif bisa memperkuat fisik anak Anda.

Satu lagi hal penting yang perlu Anda ingat ketika memilih mainan yang tepat untuk anak Anda adalah usahakan agar mainan yang Anda pilih itu bebas dari bahan-bahan berbahaya. Karena balita sering suka memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya, usahakan agar mainan yang Anda pilih ukurannya tidak terlalu kecil.

Apakah Anda punya tips lain dalam pemilihan mainan yang tepat untuk balita?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading