Sukses

Parenting

7 Tips Agar Bayi Nggak Rewel Saat Tidur

Hai new mom, masih bingung dan tak tahu harus melakukan apa saat si kecil menangis terus dan rewel saat tidur. Sebenarnya kalau Anda tahu cara mengatasinya, si kecil tidak akan selalu rewel saat tidur, dan malah pulas dalam kenyenyakan tidurnya.

Bagaimana caranya?

Ini dia tips dari Parenting.com agar si bayi bisa tidur nyenyak tanpa rewel.

Tips 1. Hindari kontak mata

Untuk membuat si kecil tidur nyenyak, hindari kontak mata saat menggendong atau menjaganya. Kontak mata akan membuat si kecil tetap melek dan menahan kantuk, akhirnya ia malah rewel dan menangis.

Bila Anda membiarkannya terlelap dalam kantuk, maka tak butuh beberapa menit ia akan masuk ke alam mimpi.

Tips 2. Mandi dulu yuk

Sebelum tidur, biasakan bayi sudah mandi atau diseka terlebih dahulu. Rasa lengket dan tidak nyaman akan membuatnya rewel dan merasa panas sehingga ia malah enggan tidur.

Mandi juga dapat merilekskan tubuhnya, membuatnya lelah sehingga ia lebih lekas mengantuk.

Tips 3. Ditemani ya, bund

Anak-anak selalu butuh teman tidur, entah itu Anda sendiri atau bisa menambahkan partner berupa boneka yang aman dan tidak berbulu. Setidaknya sesuatu yang membuatnya hangat dan nyaman adalah yang diperlukan. Pun demikian, jangan beri terlalu banyak agar tempat tidurnya tidak sesak dan si kecil masih bisa bergerak bebas.

Tips 4. Minum susu dulu ya

Umumnya tangisan bayi disebabkan karena perutnya lapar. Agar ia tidak rewel, berikan ASI terlebih dahulu padanya sehingga ia merasa kenyang dan bisa tidur lebih nyenyak.

Tips 5. Aromatherapy

Bahkan si kecilpun tidak nyaman kalau aroma ruang tidurnya berbau tak sedap. Pasang aromatherapy berbau lavender yang selain mengharumkan ruangan juga dapat merelakskan serta membuat tidurnya lebih nyenyak.

Jauhkan dari si kecil, jangan didekatkan karena saluran pernafasan si kecil masih sangat lemah dan sensitif.

Tips 6. Sentuhan hangat ibu

Berikan sentuhan hangat Anda di lengan, kepala, serta perut agar si kecil tetap merasa nyaman dan tidurnya lebih tenang. Lakukan hal ini beberapa saat sehingga ia tidak terbangun.

Tips 7. Jam yang ideal

Mengatur jam tidur bayi itu tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengajaknya bermain di jam-jam di mana emang Anda ingin ia melek. Dan ketika ia merasa lelah maka ia akan tidur.

Tak lupa pastikan ia memakai popok bayi dan mengeceknya agar saat ia mengompol ia tidak merasa basah dan terbangun.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading