Sukses

Parenting

12 Masalah Kesehatan Yang Sering Terjadi Selama Kehamilan

Ketika Anda sedang hamil pasti Anda mengalami beberapa perubahan di tubuh Anda. Dengan berubahnya beberapa anggota tubuh itu, pasti ada saja masalah yang timbul. Seperti yang dilansir dari boldsky.com, inilah beberapa masalah kesehatan yang kerap terjadi selama masa kehamilan.

Sakit punggung

Karena harus menopang perut yang semakin lama semakin membesar, ketika hamil Anda akan sering merasa sakit pada persendian punggung bawah dan panggul.

Mual

Pada tiga bulan pertama Anda akan mengalami morning sickness, muntah, atau pun mood yang berantakan. Hal ini bisa Anda rasakan hanya pada 3 bulan pertama atau bisa hingga trimester kedua pada beberapa wanita.

Puting mengeluarkan cairan

Payudara Anda mulai menyiapkan diri untuk menyusui. Kadang-kadang Anda akan merasa kalau puting Anda basah Ladies. Hal ini tidak lain karena ASI yang mulai diproduksi oleh payudara Anda pada trimester ketiga kehamilan.

Pendarahan

Selama kehamilan bisa jadi Anda mengalami beberapa kali mimisan. Anda juga bisa mengalami gusi berdarah Ladies. Masalah kesehatan mulut biasa terjadi selama masa kehamilan. Selain itu, beberapa wanita juga akan mengalami pendarahan pada vagina pada bulan awal kehamilan. Untuk kasus ini Anda perlu mengkonsultasikannya pada dokter ya Ladies.

Keputihan

Saat Anda hamil, tingkat keputihan Anda akan meningkat. Ini disebabkan karena dinding vagina akan menjadi lebih lentur, sehingga produksi lendir akan meningkat.

Kram

Kram adalah masalah paling umum yang diderita oleh wanita hamil. Pada saat kehamilan, Anda akan lebih sering merasakan kram pada otot betis, perut, atau kaki. Ladies, biasanya kram akan menyerang Anda pada malam hari.

Sering buang air kecil

Anda juga akan semakin sering untuk buang air kecil. Kenapa begitu? Karena kandung kemih Anda terdorong oleh si bayi yang semakin bertumbuh, sehingga kapasitas kandung kemih berkurang. Nah, karena itu frekuensi Anda untuk bolak balik ke toilet akan semakin sering Ladies.

Kurang tidur

Selama kehamilan, jumlah hormon akan semakin meningkat. Hal ini yang menyebabkan Anda lebih sering terjaga. Selain itu, rasa sakit yang Anda rasakan akan membuat Anda semakin sulit tidur.

Masalah kulit dan rambut

Beberapa masalah seperti stretch mark, kulit kering dan tidak kencang, serta rambut rontok adalah beberapa masalah kulit dan rambut yang akan Anda alami selama kehamilan.

Sembelit

Perubahan hormon pada tubuh Anda akan menyebabkan sembelit. Untuk mengatasi sembelit di masa kehamilan, coba konsumsi makanan dengan kadar serat dan air yang tinggi.

Sakit kepala

Beberapa wanita hamil akan mengalami sakit kepala akut selama beberapa minggu pertama kehamilan. Selain faktor hormon, mual dan muntah juga yang menyebabkan Anda mengalami sakit kepala dan tenggorokan.

Mulas

Perubahan hormon dan pertumbuhan janin merupakan penyebab utama masalah kesehatan selama kehamilan. Biasanya rasa mulas juga disertai rasa ingin muntah.

Jika terlalu parah, jangan lupa untuk konsultasi ke dokter ya Ladies. Demi kesehatan Anda dan bayi Anda.

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading