Sukses

Parenting

Apakah Miss V Tidak Kencang Lagi Setelah Melahirkan?

Tubuh wanita biasanya tak kencang lagi setelah melahirkan. Disebabkan pertambahan berat badan yang cukup signifikan, seringkali banyak yang mengalami kesulitan menurunkan kembali berat badan dan membuatnya langsing seperti sedia kala. Dibutuhkan usaha berupa diet dan olahraga yang cukup intens agar tubuh kembali seperti semula.

Kabarnya, selain tubuh yang melar, si miss V juga kehilangan kekencangannya setelah melahirkan. Apalagi jika menjalani proses melahirkan normal. Mirisnya, hanya karena hal ini banyak ibu yang akhirnya menempuh jalur operasi caesar. Padahal, sebenarnya miss V punya otot-otot yang elastis dan dapat dilatih kekencangannya, dan bisa kembali normal seperti sejak semula.

Faktor usia

Perlu diperhatikan bahwa faktor usia sangat mempengaruhi kondisi elastisitas miss V. Apabila Anda melahirkan pada usia 20-30an, maka tak perlu khawatir karena miss V dapat kembali kencang seperti semula. Namun apabila Anda hamil di usia mendekati 40, maka umumnya miss V telah kehilangan kekencangan otot di bagiannya.

Sehingga sulit kemungkinannya untuk mengembalikan kondisi miss V benar-benar seperti semula.

Jumlah kelahiran

Pengaruh lainnya adalah jumlah kelahiran. Miss V memang elastis dan lentur, namun apabila jumlah kelahirannya lebih dari tiga kali, maka miss V juga sudah kehilangan kekencangan alami. Umumnya, untuk kelahiran kedua atau ketiga, miss V masih bisa kembali kencang seperti semula.

Ukuran bayi

Ukuran bayi juga menentukan kembalinya kekencangan miss V. Apabila ukuran bayi cukup besar, misal lebih dari 3,5 kg, maka umumnya otot miss V akan ditarik cukup lebar. Mengembalikan kekencangannya membutuhkan waktu yang tidak singkat dan tidak mudah.

Cara ampuh mengembalikan kekencangan miss V

Mengembalikan kekencangan miss V sebenarnya tidak sulit dan bisa dilakukan di rumah kok. Anda tidak harus menjalani operasi dan cukup dengan rutin melakukan latihan kegel saja.

Apa itu latihan kegel?

Latihan kegel adalah latihan khusus untuk otot miss V. Caranya adalah mendorong seperti hendak ingin buang air kecil, kemudian menahan ototnya selama beberapa detik, dan melepaskannya kembali. Latihan ini akan membuat otot di area miss V menjadi lebih kuat dan mengencangkan miss V kembali.

Latihan dapat dilakukan setiap hari dan aman dilakukan setelah melahirkan. Disarankan setidaknya selama 2-3 menit dilakukan untuk membantu mengembalikan kekencangan miss V.
BACA JUGA:

Apakah Aman Berhubungan Saat Hamil?

Posisi Duduk Yang Tidak Dianjurkan Saat Hamil

Keguguran, Apa sih Tanda-tandanya?

4 Masalah Kehamilan yang Patut Diwaspadai

Bumil Terlalu Gemuk, Bahaya Bagi Berat Badan Bayi

Makan Ikan Bisa Kurangi Cemas di Masa Kehamilan

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading