Sukses

Parenting

Problem Kulit Yang Dialami Ibu Hamil

Kehamilan adalah pengalaman yang paling menyenangkan sepanjang hidup. Bagaimana si janin berkembang, bergerak, dan berlindung di dalam dinding rahim selama 9 bulan 10 hari. Rasanya menjadi pengalaman yang tak terlupakan, dan bukan hal yang disesali sekalipun perut membuncit.

Namun sayangnya, di balik pengalaman menyenangkan itu selalu saja ada problem yang tersisip. Misalnya saja problem kulit yang tak jarang mendadak muncul sekalipun tak pernah ditemui.

Apabila Anda sedang hamil dan tiba-tiba muncul problem kulit, maka ketahui bahwa Anda tak bisa dengan bebas mengobatinya. Anda perlu mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter karena bisa jadi bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya tidak aman untuk kandungan Anda.

Problem kulit apa saja sih yang biasa mengganggu ibu hamil?

Jerawat

Jangan kaget kalau seumur hidup Anda tidak pernah berjerawat namun tiba-tiba ada jerawat besar 'nongkrong' di wajah Anda. Ini bukan karena Anda jorok, tetapi hormon pada saat hamil memang memungkinkan hal tersebut. Jangan dipencet dan jangan pula discrub, Anda bisa menggunakan masker mentimun untuk membantu mengempeskan, mengeringkan, serta membuatnya hilang tanpa bekas.

Perubahan warna tubuh

Anda akan mengamati bahwa tubuh Anda jauh lebih hitam saat sedang hamil. Bahkan ada beberapa tanda di tubuh atau tahi lalat yang mendadak muncul. Jangan khawatir, selama ia tidak berkembang dan menunjukkan rasa sakit dan panas, Anda bisa cukup memberikan moisturizer saja. Perlahan seiring dengan usia kehamilan ia akan hilang sendiri.

Telapak tangan memerah

Telapak tangan biasanya memerah pada usia kehamilan bulan kedua. Tidak berbahaya kok hanya terkadang memang warnanya bikin Anda panik dan berpikir bahwa Anda sedang demam.

Kulit wajah berminyak

Karena perubahan hormon saat hamil biasanya kulit akan jauh lebih berminyak. Coba berbagai cara untuk mengurangi jumlah kelebihan minyaknya, misalnya dengan masker mentimun, masker jeruk nipis dan beberapa cara alami lain yang aman. Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan air minum Anda ya.

Kulit kering

Di beberapa tahap kehamilan Anda akan merasakan bahwa kulit Anda tidak lagi berminyak namun kering sekali. Ini tandanya Anda harus memperbanyak asupan buah dan sayur yang kaya akan air sehingga mencukupi kebutuhan kelembaban.

Gatal-gatal

Timbul gatal-gatal di beberapa area? Mungkin ada alergi yang muncul selama Anda sedang hamil. Untuk kasus yang satu ini Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter dan menghindari makanan-makanan pemicu alergi seperti ikan laut, terasi udang, ayam, dan lain sebagainya.

Stretch Mark

Garis-garis ini akan timbul mengganggu di sekitar area paha serta lengan. Dan mungkin juga muncul di area perut. Yang harus Anda lakukan adalah memassage lembut menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak almond atau minyak rosemary. [initial]
BACA JUGA:

Mitos Kehamilan: Hamil Itu Menyenangkan

Beberapa Mitos Kehamilan Yang Wajib Anda Ketahui

Hal-Hal Yang Wanita Ingin Ketahui Sebelum Hamil

5 Pose Cantik Seleb Saat Hamil Tua

10 Cara Untuk Mencegah Kemandulan

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading