Tips Atasi Anak Takut Mandi

Jum'at, 22 Januari 2010 07:00



Si kecil takut air? (c) digital journal Vemale.com - Oleh: Agatha Yunita

Pernahkah Anda mengalami kejar-kejaran saat jam mandi dengan si kecil? Atau Anda harus berteriak-teriak dan marah-marah dulu untuk memaksa si kecil mandi? Hmm... ya, menjengkelkan ya kalau sudah begitu. Padahal si kecil kan butuh mandi, dengan segala aktivitasnya di luar ruangan yang membuatnya kotor tentunya ia harus membersihkan sekujur tubuhnya dengan sabun dan air. Bayangkan bagaimana jika ia bermain dengan pasir dan tanah kemudian ngotot tidak mau mandi. Wah bisa jadi malah si kecil sakit nantinya, ya kan?

Tetapi herannya ia masih ngotot tak mau mandi, kenapa sih memangnya? Mandi itu kan segar nak! Berikut ternyata alasan si kecil ogah mandi.

1. Mereka takut 'gelagapan'

Saat air diguyur dari atas kepala terkadang memang sulit untuk kita mengambil nafas, nah inilah rasa takut yang paling membuat si kecil ogah mandi dan keramas. Rasa tidak nyaman itu membuat mereka trauma dan takut lho.

2. Mereka takut ada air yang masuk di telinga

Mungkin dia pernah merasakan ada air yang masuk di telinga mereka, dan tentu saja rasanya tidak nikmat, ya kan? Apalagi jika si kecil yang merasakannya, jadi tidak heran kalau mereka menolak mandi keramas.

3. Takut dingin

Terbiasa dengan air hangat mereka jadi ogah jika mandi dengan air dingin. Bagi mereka mending tidak mandi sekalian daripada kedinginan.[break]

Bagaimana mengatasi mereka?

Jangan dimarahi apalagi dipukul, alasan mereka bukan karena malas, tetapi memang benar karena rasa takut atau trauma yang pernah mereka rasakan. Oleh sebab itu, marah dan memukul bukan solusi yang tepat. Anda harus menghadapi anak Anda dengan penuh kesabaran dan kreativitas.

TIPS:

1. Ajak mereka mandi bersama sepupu atau kakaknya, biarkan mereka menikmati mandi bersama dengan penuh keceriaan. Saat mereka merasa ada teman yang merasakan hal yang sama, tentunya rasa takut itu perlahan akan hilang.

2. Berikan mainan air untuk si kecil, pistol air, bebek mandi atau berikan gayung kecil padanya untuk mengguyur diri mereka sendiri.

3. Buatkan shower khusus untuknya, mengguyurnya dengan gayung mungkin membuat dia takut. Namun dengan shower akan lebih mudah mengalihkan perhatiannya, katakan saja bahwa tiba-tiba di dalam kamar mandi ada hujan setempat. Si kecil pasti menikmati momen mandinya.

4. Ajarkan trik mandi supaya air tidak masuk ke dalam telinga.

5. Jangan biasakan ia mandi hanya dengan air hangat saja, suatu saat air hangat belum tentu ada, sehingga ia harus bisa mandi dengan air hangat atau dengan air dingin juga. (vem/bee)







ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

21 Juli - 27 Juli
Sekaranglah saat yang tepat untuk menyambung kembali relasi yang sempat terputus...