Sukses

Parenting

Makanan Yang Harus Dihindari Setelah Keguguran

Selain melahirkan, keguguran adalah salah satu pengalaman menyakitkan bagi wanita dalam hidupnya. Harus kehilangan buah hati yang dinanti, serta menahan sakit karena harus mengeluarkan si janin dari dalam rahim.

Pendarahan tak dapat dihindari di momen seperti ini, proses penyembuhannya juga umumnya lama karena sakit tak hanya terasa pada fisik saja.

Keguguran dapat disebabkan berbagai hal, mulai dari aktivitas yang terlalu berlebihan, stres, sakit, kelelahan, obat, kecelakaan, hingga makanan. Untuk itu ibu muda memang disarankan lebih cermat memilih menu makanan yang akan diasup.

Dan ternyata, setelah seorang wanita mengalami keguguran, ia juga masih harus menjaga asupan makanan. Tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan karena dapat mempengaruhi proses penyembuhan. Catat daftar makanan berikut, dan hindari setelah mengalami keguguran.

Junk food

Junk food bukanlah makanan yang disarankan sekalipun Anda tidak sakit apapun. Menu ini punya kalori tinggi yang dapat mempengaruhi banyak hal soal kesehatan. Mulai dari berat badan hingga resiko penyakit berbahaya.

Selain itu, junk food juga tidak punya nutrisi serta vitamin yang Anda butuhkan untuk membantu mempercepat penyembuhan. Hanya akan membuat Anda menambah berat badan saja.

Produk kedelai

Kedelai memang banyak mengandung vitamin dan mineral, namun saat Anda mengalami keguguran, Anda akan membutuhkan banyak asupan zat besi. Sedangkan zat besi tidak dapat diperoleh lewat kedelai.

Fast food

Baik junk food maupun fast food tidak disarankan dikonsumsi saat setelah keguguran. Makanan ini selain tinggi kalori juga menyebabkan depresi apabila dikonsumsi berlebihan. Dapat mempengaruhi kesehatan mental yang memperlambat penyembuhan.

Makanan tinggi karbohidrat

Salah satu menu yang patut dihindari saat sedang keguguran adalah makanan tinggi karbohidrat. Karbo kurang efektif memberikan sumbangan energi untuk tubuh. Ia tak dapat membantu menjaga fungsi otak dan ginjal dengan baik.

Makanan kalengan

Makanan kalengan biasanya mengandung pengawet, perasa, pewarna yang kurang baik bila dikonsumsi berlebihan. Sebaiknya dihindari, karena makanan tersebut punya resiko membawa racun yang bisa berpengaruh pada kesehatan.

Daging beku

Menjaga menu makanan yang hangat sangat disarankan, karena umumnya makanan dingin membawa beberapa bakteri yang bisa melemahkan immune tubuh. Saat ini memang kondisi tubuh Anda sedang lemah, sehingga sebisa mungkin menghindarkan diri Anda dari resiko terserang penyakit lain.

Kopi

Selama hamil, saat menyusui atau keguguran, Anda disarankan tidak mengonsumsi kafein dari kopi. Kafein kurang baik untuk rahim, apalagi jika Anda mengonsumsi kopi lebih dari satu cangkir setiap hari.

Cermati info di atas dan lebih baik memberikan waktu untuk beristirahat cukup bagi tubuh setelah keguguran. [initial]

BACA JUGA:

Mitos Ukuran Piring Saat Hamil di Indonesia

Makanan Ini Bisa Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Ibu Doyan Kopi, Bayi Susah Tidur?

Bumil Terlalu Gemuk, Bahaya Bagi Berat Badan Bayi

Apakah Saya Mengandung Bayi Kembar?

Prediksi Jenis Kelamin Anak Anda dengan Tips ini!

Kucing Mempengaruhi Kehamilan. Benarkah?

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading