/relationship/ibu-bayi-dan-balita/3345-mengapa-si-kecil-suka-gigit-jari.html

Mengapa Si Kecil Suka Gigit Jari

Minggu, 10 Januari 2010 07:00



Jika si kecil suka gigit jari (c) breast feeding moms unite Vemale.com - Oleh: Agatha Yunita

"Aduh sayang, kan kotor! ayo jangan dimasukkan ke mulut," kata Anda dengan nada sedikit marah dan protes pada si kecil yang tengah asyik memasukkan tangan atau mainannya ke dalam mulut. Kegiatan yang mengasyikkan ini rupanya sudah menjadi bagian dari pertumbuhan anak-anak, tidak ada anak-anak yang tidak suka memasukkan jari atau mainan ke dalam mulut. Mungkin mereka penasaran bagaimana sih rasa benda yang ada di depannya?

Namun melihat si kecil yang hobby memasukkan semua benda ke dalam mulut ini seringkali membuat kita gerah dan gemas. Dan dengan berbagai cara berusaha agar mengalihkan perhatiannya agar tidak lagi memasukkan benda ke dalam mulutnya. Tetapi tahukah Anda bahwa ada penyebab tertentu yang membuat si kecil semakin hobby memasukkan benda ke dalam mulut ini?

Mengapa sih mereka hobby memasukkan benda ke dalam mulut?

Komunikasi

Bayi dan balita juga butuh mengekspresikan perasaan dan pikirannya lho, sama seperti orang dewasa. Sayangnya saat itu mereka belum fasih berbicara seperti orang dewasa. Saat sudah dewasa, ketika mereka merasa rindu, marah, sedih atau ingin sesuatu mereka bisa mengatakannya lewat rangkaian kata-kata, namun tidak dengan bayi dan balita. Lalu apa yang dilakukan bayi dan balita saat ingin berkomunikasi? Mereka akan memasukkan benda ke dalam mulutnya, membuatnya menjadi basah atau menggigitnya. Cara demikian merupakan satu-satunya cara mereka berkomunikasi, mengekspresikan pendapat dan perasaan mereka.

Self-Defense

Jika Anda dipukul orang apa yang akan Anda lakukan? Secara refleks mungkin Anda akan memukul balik bukan? Tetapi sayangnya hal ini tidak mungkin dilakukan oleh bayi atau balita. Ketika mereka merasa terancam, tidak aman atau ingin melindungi diri, mereka justru akan menggigit benda yang ada di sekitarnya, benda yang pertama kali dilihatnya. Tindakan tersebut semata-mata dilakukan agar ia merasa lebih aman dan merasa tenang.[break]

Cari Perhatian

Bukan hanya orang dewasa saja lho yang ingin selalu diperhatikan, si kecil juga ingin diperhatikan. Dan terkadang ia menggigit atau memasukkan benda ke dalam mulut demi mendapatkan perhatian Anda yang mungkin sedang sibuk.

Rasa ingin tahu

Bayi dan balita adalah bibit-bibit cerdas yang penuh rasa ingin tahu. Mereka selalu penasaran terhadap benda yang ada di sekitarnya. Mereka akan berusaha mencari tahu dengan indera yang mereka miliki, mulai dari melihat, merasakan dengan kulitnya, menciumnya, sampai menjilatnya dengan lidah. Sampai ia benar-benar puas dan tahu soal benda tersebut.

Gemas atau Marah

Saat gemas atau marah, ia akan meraih benda terdekat dan memasukkannya ke dalam mulut kemudian menggigitnya. Hal ini wajar dilakukan sebagai wujud yang menunjukkan ia sedang gemas atau marah.

Jadi jangan keburu marah-marah dan memaksa si kecil mengeluarkan benda yang ada di mulutnya ya. Cari tahu dan perhatikan apa sih mau si kecil. Siapa tahu ia hanya ingin mendapatkan perhatian lebih dari Anda, ya kan? (vem/bee)

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----






ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Sagitarius

15 Desember - 21 Desember
Hei jangan takut untuk berbuat lebih dibandingkan orang lain Sedikit usaha...