Yang Dialami Bumil Saat Kontraksi Awal

Kamis, 29 Agustus 2013 18:30



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Kehamilan pertama selalu menjadi pengalaman yang mendebarkan bagi setiap orang. Apalagi kalau usianya sudah mendekati waktu melahirkan, rasanya bila si kecil sedang beraktivitas di dalam perut saja sudah bikin deg-degan.

Dan di usia kehamilan 24-32 minggu, umumnya kontraksi awal akan mulai dialami para bumil. Kontraksi ini merupakan tanda bahwa kelahiran sudah dekat. Tetapi jangan sampai membuat diri Anda panik ya, karena bisa saja itu adalah alarm yang salah.

Kontraksi itu ciri-cirinya bagaimana sih? Agar Anda tidak bingung dan menduga-duga, seperti ini lho yang disebut dengan kontraksi.

Sakit pada punggung

Kontraksi menyebabkan rasa sakit pada punggung dan sakit tersebut cukup jelas terasa. Namun segera rasa sakit itu akan mereda dan menghilang saat tubuh rileks kembali.

Perut terasa kencang

Seperti saat sedang menahan buang air kecil, perut akan terasa sangat kencang dan seperti ditarik. Inilah yang terasa saat kontraksi datang. Biasanya akan terjadi pada interval waktu yang berbeda-beda.

Excruciating pain

Rasa sakit yang menyiksa baik pada perut bagian atas maupun bawah. Dan ini akan lebih sering terjadi pada saat kontraksi lainnya datang.

Rembesan air

Apabila Anda merasa ada air yang merembes keluar dari saluran air kencing, maka check kembali apakah air tersebut adalah air ketuban. Bila disertai pendarahan, Anda harus segera menuju ke rumah sakit bersalin terdekat untuk segera diberi penanganan secepatnya.

Kontraksi umumnya berjarak semakin dekat saat proses persalinan segera dilakukan. Untuk itu, jauh hari sebelumnya, persiapkan barang-barang keperluan persalinan yang akan Anda bawa ke rumah sakit. Sehingga ketika kontraksi semakin sering terjadi, Anda bisa segera berangkat untuk melakukan persalinan. (vem/bee)

BACA JUGA:

Beberapa Gangguan Pada Kehamilan

Resiko Metode Bayi Tabung

Macam-macam Kelainan Rahim

Hati-Hati Insomnia Ketika Hamil

Tak Mau Ada Stretch Mark Gara-Gara Hamil

Saat Air Ketuban Pecah Lebih Awal, Harus Bagaimana?

Ibu Ini Tak Tahu Sedang Hamil, Nyaris Melahirkan di Kamar Mandi








ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

22 September - 28 September
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...