Sukses

Parenting

Bahaya Mainan Mengandung Laser Bisa Sebabkan Kebutaan Pada Anak

Seringkali, kita ingin memanjakan si kecil dengan memberikannya berbagai mainan yang ia sukai. Namun, serba salah juga menjadi orang tua jaman sekarang, harus makin selektif dalam membelikan mainan yang tepat bagi anak.

Dalam memilih mainan, tak hanya mencari mainan yang edukatif, namun juga aman dan nyaman bagi si buah hati. Di antaranya adalah mainan-mainan yang tak mengandung bahan-bahan berbahaya, mainan yang tidak akan tertelan dan mainan yang tidak mengandung laser berbahaya.

Dilansir dari Dailymail, Administrasi Makanan dan Obat-Obatan Amerika telah mengecek banyaknya mainan yang berupa pistol-pistolan. maupun pedang-pedangan yang mengandung laser berbahaya. Kandungan laser ini walau sedikit, namun bisa membahayakan retina anak-anak kita.

Bahaya laser mini ini tidak akan menyakiti mata anak-anak kita. Namun perlahan tapi pasti, dampaknya akan membahayakan mata dalam hitungan minggu, bahkan harian. "Pancaran laser yang langsung ke mata akan memberikan dampak secara instan," kata Dan Hewett.

Ia mengatakan bahwa kebanyakan mainan anak jaman sekarang mengandung laser yang memiliki daya pancar yang kuat. Banyak produsen mainan yang menekankan bahwa produk mereka adalah mainan saja, sehingga orang tua dan anak seringkali menyangka mainan tersebut tidak berbahaya.

Bila Anda dan anak-anak Anda adalah penggemar mainan elektronik, pastikan Anda memberikan bimbingan tentang mainan yang mengandung radiasi cahaya seperti laser maupun mainan dengan layar monitor dengan radiasi tinggi. Bila perlu, minimalisir mainan seperti ini dan ganti dengan mainan lain yang lebih menunjang kreativitas anak.

Selamatkan masa kecil dan masa depan anak Anda mulai dari hal yang paling simple seperti memilih mainan berkualitas. Jangan lupa, selalu dampingi anak Anda selama masa pertumbuhannya.

BACA JUGA 

Minuman Manis, Sumber dari Berbagai Masalah Anak

Mendeteksi Penyakit Anak Melalui Kuku Jari

Ketombe pada Anak

Pentingnya Memberikan Imunisasi dan Vaksinasi pada Balita

Efek Samping Positif Imunisasi Bayi

Anak dan Junk Food

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading