Sukses

Parenting

Manfaat Massage Payudara Saat Sedang Hamil

Sebagian besar wanita memang merasa cemas atas perubahan bentuk tubuh saat sedang hamil. Salah satu bagian yang cukup dicemaskan adalah payudara. Ada ketakutan yang muncul bahwa payudara akan kendor dan turun setelah melahirkan, sehingga beberapa wanita memilih tidak menyusui secara langsung. Ada yang mempercayakannya pada breast pump, adapula yang memberikan susu formula untuk bayinya.

Padahal, menyusui sebenarnya tidak akan membuat bentuk payudara Anda jadi jelek. Apalagi jika Anda tahu cara perawatannya, maka stretch mark, payudara kendur, atau turun bisa dicegah dan diatasi sejak dini.

Massage payudara telah menjadi teknik lama yang ampuh membantu agar payudara tetap kencang dan naik. Payudara jadi tetap kenyal serta tidak ada tanda stretch mark.

Mencegah stretch mark

Karena pertambahan berat badan, maka stretch mark bisa tercipta pada area payudara. Apalagi jika payudara menjadi membesar dalam jangka waktu yang cepat.

Oleh karena itu, massage payudara sangat dibutuhkan sehingga dada menjadi tetap kencang dan tak ada tertinggal bekas stretch mark di sana.

Meredakan nyeri

Setelah melahirkan umumnya payudara akan terasa nyeri dan sakit. Apalagi jika ASI sulit keluarnya, atau hanya sedikit. Dan payudara yang membengkak ini akan membuat Anda tidak merasa nyaman.

Apabila ini terjadi, massaga payudara Anda sehingga payudara jadi lebih rileks dan perlahan nyerinya akan berkurang.

Meredakan gatal

Karena ukuran payudara berubah jadi besar, maka kulit cenderung terasa gatal. Akibatnya kondisi kulit jadi kemerahan dan terkadang sensitif. Massage payudara juga bisa mengatasi dan meredakan gatal, sehingga Anda tidak perlu menggaruk dan meninggalkan bekas kemerahan di sana.

Membesarkan puting

Putih akan seketika membesar saat hamil untuk dipersiapkan menyusui bayi. Namun, sering terjadi kasus di mana ukuran puting kecil dan kurang cukup untuk membantu ASI keluar.

Nah, dengan massage, puting akan lebih besar ukurannya sehingga mempermudah bayi untuk minum dari payudara ibu.

Cara massage

  1. Massage payudarapun tak boleh dilakukan sembarangan untuk ibu hamil. Disarankan agar menggunakan minyak zaitun, dan memassage dengan gerakan memutar perlahan.
  2. Massage yang terlalu kasar dapat melukai payudara dan merobekkan sel-sel di dalamnya.
  3. Perlu diingat, saat memassage payudara, gerakan memutar tersebut haruslah gerakan mengangkat ke atas, bukan ke bawah. Manfaatnya, payudara akan lebih kencang dan tidak turun.

Mari lakukan pemijatan ini sejak dini, sejak Anda hamil sehingga saat melahirkan nanti payudara akan tetap terjaga keindahannya. [initial]

BACA JUGA:

Cara Baru Besarkan Payudara, Dengan Hipnotis

Sering Minum Kopi Bikin Ukuran Payudara Jadi Kecil

9 Serba Serbi Tentang Payudara

Minyak Bulus Untuk Mengencangkan Payudara

Ukuran Payudara Yang Paling Wow!

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading