Sukses

Parenting

Tunda Hamil di Bulan Mei, Baca Alasannya

Jika Anda dan pasangan hendak merencanakan kehamilan di bulan Mei, sebaiknya tunda saja. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa hamil di bulan mei sangat berbahaya bagi janin.

Ya, dilansir oleh womenshealthmag, menurut penelitian ditemukan fakta unik bahwa bayi yang dikandung pada bulan Mei punya resiko jauh lebih besar untuk lahir prematur. Hasil penelitian ini kemudian dilansir pada jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Studi tersebut melibatkan sekitar 1,4 juta anak-anak, yang dilahirkan oleh 657.050 ibu. Pada kelahiran tersebut dibandingkan tanggal kehamilan dan hasil kelahirannya. Dan, rata-rata wanita yang hamil di bulan Mei, mencapai trisemester ketiga pada bulan Januari dan Februari, di mana 10% di antara kelahiran tersebut menghasilkan bayi yang prematur.

Temuan ini dihubungkan dengan bulan Januari dan Februari yang merupakan bulan tertinggi atas serangan flu dan peradangan. Dan kedua hal tersebutlah yang memicu kelahiran bayi prematur, demikian dijelaskan menurut Hanner Schwandt, PhD, dari Princeton University.

Bayi yang lahir prematur punya resiko ancaman kesehatan yang cukup banyak, terutama pada saluran pernafasan dan pencernaannya. Karena belum terbentuk secara kuat, maka umumnya pernafasan dan pencernaannya seringkali lemah.

Disarankan pula untuk mencegah hal ini, pada bulan-bulan Januari dan Februari agar bumil sangat menjaga kondisi kesehatannya. Mencegah agar dirinya tidak sampai terserang flu dengan cara:

  • Membatasi interaksi dengan mereka yang terserang flu
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi terutama yang membantu menjaga metabolisme tubuh
  • Istirahat cukup sehingga tubuh selalu bugar dan tidak mudah terserang virus penyebab flu
  • Mencuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh agar bakteri atau virus tidak mengganggu
  • Selalu mengecek kondisi kehamilan sehingga dokter dapat membantu memberikan tips dan resep guna menjaga dan menguatkan kehamilan

Sedang bersiap untuk mencetak momongan di bulan Mei? Mari persiapkan dengan lebih baik lagi. [initial]

BACA JUGA:

Mengetahui Masa Subur Melalui Suhu Tubuh

Mengatasi Serta Mencegah Kram Pada Saat Hamil

Kopi Bisa Picu Keguguran, Benarkah?

Konsumsi Garam Hambat Perkembangan Ginjal

5 Metode Cek Masa Subur Anda!

Bahaya Ibu Divaksin Saat Mengandung

Punya Asma tapi Ingin Hamil Bukan Masalah

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading