Mengatasi Nyeri pada Puting Payudara Saat Menyusui

Senin, 22 Juli 2013 15:55


(c) shutterstock

Vemale.com - Apakah anda adalah seorang Ibu yang menyusui namun puting payudara anda terasa nyeri ketika menyusui buah hati anda? Berikut adalah tips yang dilansir oleh everydayfamily.com untuk membantu anda mengatasi nyeri pada pada puting payudara anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi puting anda terasa nyeri pada saat menyusui.

  1. Pastikan bayi menyusu dengan tepat. Everydayfamily.com menyarankan anda untuk menunggu hingga bayi membuka mulutnya agak lebar sehingga puting payudara anda tidak memaksa masuk ke mulut bayi yang dapat menyebabkan puting payudara anda terluka.
  2. Pastikan anda menggunakan bra khusus untuk menyusui. Tekanan yang terlalu keras dari bra terutama yang berkawat dapat membuat puting tertekan sehingga terasa nyeri ketika menyusui.
  3. Olesi puting payudara anda dengan air susu. Setelah menyusui, oleskan air susu anda ke puting payudara untuk membantu menyembuhkan nyeri pada puting ketika menyusui.
  4. Berkonsultasilah dengan dokter. Apabila nyeri pada puting anda tidak juga pulih, hubungi dokter segera untuk penanganan lebih lanjut.
  5. Beristirahatlah cukup. Terkadang nyeri pada puting payudara anda disebabkan karena aktifitas anda yang terlalu keras.
  6. Minumlah acetaminophen sebelum menyusui. Acetaminophen bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada puting payudara anda.
  7. Biarkan puting anda bernafas. Dengan menggunakan bra terlalu lama kemudian menyusui, payudara anda tidak memiliki kesempatan untuk bernafas. Pastikan anda memberikan kesempatan payudara untuk bernafas.
  8. Tempelkan kantong teh basah pada payudara anda. Everydayfamily.com menambahkan bahwa kandungan di dalam teh dapat membantu mengurangi nyeri pada puting payudara anda.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/)





ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

21 April - 27 April
Jika ada kritikan dari rekan kerja ada baiknya Anda tampung dan...