Apa Sajakah Kandungan Dalam ASI?

Jum'at, 12 Juli 2013 21:10



(c) shutterstock.com

Vemale.com - ASI adalah susu yang khusus diproduksi para ibu setelah melahirkan. Karena manfaatnya yang sangat baik bagi bayi, sudah banyak yang menyarankan agar para ibu menyusui bayinya dengan ASI, bukan dengan susu formula atau susu sapi.

Nah, mungkin banyak dari anda yang penasaran sebenarnya apa saja kandungan dari ASI. Berikut ini adalah informasi singkat tentang ASI yang diambil dari situs www.babycenter.com.

ASI dibagi menjadi dua jenis, colostrums (yang biasanya sudah muncul beberapa hari sebelum melahirkan hingga beberapa hari setelah melahirkan) dan ASI dewasa atau mature milk (yang menggantikan colostrums setelah dua atau empat hari menyusui.

Dijelaskan dalam situs ini, colostrums mengandung antibodi dalam jumlah yang sangat tinggi, sehingga kadang ASI jenis ini sering disebut sebagai imunisasi pertama bayi. Nutrisi yang dikandung colostrums pun sangat banyak, mulai dari protein, mineral, garam, vitamin A, nitrogen, sel darah putih, dan masih banyak lagi.

Selain itu, colostrums juga memiliki efek pencucian perut yang mampu membantu bayi membersihkan kotoran-kotoran dalam saluran pencernaannya.

ASI dewasa atau mature milk mengandung nutrisi-nutrisi yang sedikit berbeda dari colostrums. Umumnya, ASI dewasa mengandung air, lemak, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, asam amino, enzim, and sel darah putih. Kandungan tersebut akan bervariasi pada awal dan akhir kegiatan menyusui. Mulai dari foremilk yang mengandung banyak air dan laktosa dan berakhir dengan hindmilk yang kaya lemak dan kalori.

Oleh: Alfi Suci D.

(vem/tyn)







ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

22 September - 28 September
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...