/relationship/ibu-bayi-dan-balita/25573-diare-saat-hamil.html

Diare Saat Hamil?

Kamis, 11 Juli 2013 11:02



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Mengalami diare pada saat hamil merupakan hal yang wajar. Menurut babycenter.com, hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan usus besar menyerap air tinja yang dihasilkan. Nah dibalik diare ini ada biang keladi utama yakni infeksi kuman, keracunan makanan dan alergi makanan.

Sedangkan pada ibu hamil, diare biasanya muncul karena pengaruh perubahan hormon dalam tubuh yang menyebabkan gangguan produksi asam lambung dan sistem pencernaan. Di samping itu, diare juga disebabkan oleh tekanan pada lambung dan usus karena pembesaran rahim.

Meskipun terbilang wajar, namun anda perlu waspada terhadap diare karena diare berlebih akan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi tentu akan sangat mempengaruhi kekuatan tubuh anda dan fungsi ginjal serta organ tubuh lainnya. Apa yang akan terjadi jika kekuatan tubuh anda melemah? Tentu saja janin di dalam diri anda akan terganggu perkembangannya.

Sebagai alternative pengobatan, anda bisa hentikan dahulu konsumsi susu, roti, pasta. Perbanyak minum air putih, asam folat dan vitamin B. Selain itu, kurangi atau hindari dahulu konsumsi vitamin D.

Sementara untuk pengobatan medis, anda perlu berkonsultasi dengan dokter agar tidak terjadi kontra indikasi kandungan obat terhadap kesehatan dan kehamilan anda. Biasanya obat yang diberikan adalah larutan eletrolit yang bisa dibeli di apotik terdektat sebanyak mungkin. Tujuan dari konsumsi larutan elektrolit ini adalah  mengganti cairan tubuh yang hilang selama anda diare.

Oleh: Asa Pilar

(vem/sfg)





ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

27 Oktober - 2 November
Anda mengalami kegalauan di bidang karir Ladies Anda harus lebih banyak...