/relationship/ibu-bayi-dan-balita/25009-apa-itu-anemia.html

Apa itu Anemia?

Jum'at, 05 Juli 2013 19:50



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Anemia, sebuah penyakit yang bisa menyerang siapa saja karena berbagai faktor dan juga memiliki bermacam-macam efek pada tubuh penderitanya.

Ladies, setiap orang bisa terkena anemia jika orang itu tidak memiliki jumlah sel darah di bawah jumlah normal. Selain kurangnya sel-sel darah merah, anemia juga bisa disebabkan oleh kurangnya hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang sangat penting karena hemoglobin berfungsi untuk mengikat oksigen yang sangat penting bagi tubuh kita.

Seperti dilansir pada media kidshealth.org, putra-putri anda dapat menderita anemia tetapi tidak ada yang tahu. Hal ini mungkin terjadi karena anemia bisa tidak memiliki gejala umum. Tanda-tanda seseorang memiliki anemia bisa dilihat jika orang itu pucat, meskipun tidak semua orang pucat mengidap anemia.

Wajah dan badan yang pucat karena anemia itu terjadi karena jumlah sel-sel darah merah yang mengalir di dalam arteri dibawah kilut kita hanya berjumlah sedikit. Selain muka pucat, anemia juga bisa ditengarai dengan jantung yang berdetak cepat.

Jantung yang berdetak dengan kencang lebih dari biasanya bisa dikarenakan kurangnya RBC dalam tubuh, jangtung perlu bekerja lebih keras untuk memompa lebih banyak sel darah merah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika anemia dibiarkan dan semakin parah, buah hati yang mulanya sangat aktif dan juga bersemangat bisa lesu dan lemah serta mudah capek. Selain itu putra dan putri anda akan mudah merasa capek dan juga rentan terhadap penyakit.

Penulis: Yudha Yanuar A.

(vem/sfg)

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----






ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Sagitarius

15 Desember - 21 Desember
Hei jangan takut untuk berbuat lebih dibandingkan orang lain Sedikit usaha...