/relationship/ibu-bayi-dan-balita/24798-bagian-payudara-yang-berperan-dalam-pembentukan-air-susu.html

Bagian Payudara yang Berperan dalam Pembentukan Air Susu

Kamis, 04 Juli 2013 19:49



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Sebagai seorang Ibu, tahukah anda bagian-bagian yang berperan dalam pembentukan air susu? Ada baiknya anda menyimak penjelasan dari womenshealth.gov berikut ini.

Kelenjar air susu

Bagian ini menghasilkan dan melepaskan beberapa zat ke seluruh tubuh. Beberapa bagian dari kelenjar ini menghasilkan cairan yang berpengaruh pada jaringan dan organ yang lain. Bagian kelenjar yang lain menghasilkan hormon dan berperan pada produksi darah. Bagian ini juga berperan pada produksi air susu.

Jaringan penghubung

Jaringan ini berperan dalam menghubungkan jaringan-jaringan lain untuk menopang payudara.

Darah

Darah terbentuk dari plasma darah, sel darah putih, dan sel darah merah. Darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh serta membawa sisa-sisa zat buang dari seluruh bagian tubuh. Di dalam payudara, darah menutrisi jaringan payudara yang diperlukan untuk produksi air susu.

Kelenjar getah bening

Kelenjar yang hampir tidak berwarna ini mengalir melalui sistem limfatik dan membawa sel-sel yang berfungsi melawan infeksi dan penyakit. Kelenjar getah bening pada payudara membantu menghilangkan sisa-sisa zat buang.

Syaraf

Syaraf pada payudara berperan dalam kepekaan payudara pada sentuhan yang membiarkan isapan bayi merangsang keluarnya air susu.

Jaringan lemak

Jaringan lemak pada payudara mengandung cadangan lemak yang berperan untuk melindungi payudara dari luka. Kelenjar ini mempengaruhi ukuran dari payudara. Lebih jauh, WomensHealth.org menyatakan bahwa ukuran payudara tidak mempengaruhi jumlah air susu yang mampu dihasilkan oleh seorang Ibu.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)





ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

24 November - 30 November
Banyak kerjaan dan tantangan baru yang akan kamu hadapi Ada banyak...