/relationship/ibu-bayi-dan-balita/24749-hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-memberikan-obat-pada-anak-i.html

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memberikan Obat Pada Anak (I)

Kamis, 04 Juli 2013 15:09



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Ketika buah hati terserang demam dan flu, ladies pasti segera bertindak untuk mengurangi rasa sakit pada putra dan putri ladies, bukan? Salah satunya adalah dengan memberikan sirup menurun panas atau obat-obatan lainnya yang biasa ladies berikan pada buah hati.

Terdapat beberapa hal yang perlu ladies perhatikan dalam memberikan obat-obatan kepada buah hati agar obat-obatan tersebut tidak malah memperburuk kesehatan mereka. Seperti yang dikutip dari webmd.com, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan obat pada anak.

  1. Senantiasa bacalah label yang tertera pada obat setiap kali ladies akan memberikan obat pada anak. Informasi-informasi seperti komposisi obat, dosis, dan efek samping harus dibaca dengan seksama.
  2. Lihatlah komposisi obat. Perlu ladies ketahui bahwa komposisi obat dan merek obat adalah dua hal yang berbeda. Hal ini bisa berarti bahwa dua merek obat berbeda dapat terbuat dari komposisi yang sama persis. Dengan mengetahui komposisi obat, ladies bisa menghindari resiko memberikan dua merek obat berbeda dengan komposisi yang sama kepada buah hati.
  3. Berikan obat sesuai umur anak. Karena ladies akan memberikan obat untuk buah hati ladies, maka pilihlah obat yang memang diproduksi khusus untuk anak. Jangan pernah memberikan obat orang dewasa, sekalipun itu dalam dosisi yang lebih rendah.
  4. Selalu ikutilah petunjuk pemakaian. Beberapa merek obat menentukan dosisnya berdasarkan usia dan berat badan. Pastikan ladies memahami dengan sesama petunjuk pemakaian yang tertera pada obat supaya takaran obat yang diberikan sesuai, tidak terlalu banyak atau sedikit.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)





ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

27 Oktober - 2 November
Sibuk sibuk dan sibuk Bersabar dan fokus merupakan hal yang harus...