/relationship/ibu-bayi-dan-balita/24743-tips-memompa-air-susu-ibu.html

Tips Memompa Air Susu Ibu

Kamis, 04 Juli 2013 14:51



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Tidak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Berbagai alasan akan dikemukakan seperti sibuk bekerja hingga ASI yang sedikit. Bagi para ladies yang tidak bisa memberi ASI eksklusif, jangan khawatir karena anda masih bisa memompa ASI anda.

Jika anda tidak dapat memberi ASI secara eksklusif pada bayi, sangat disarankan untuk memompa ASI anda. Selain itu, memompa ASI juga dapat dilakukan para ibu yang memberikan ASI eksklusif saat bayi anda sedang tidak dalam waktu meminum ASI.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips saat memompa ASI yang dilansir dari situs womenshealth.org. Sebelum memompa ASI pastikan tangan anda bersih dengan mencucinya terlebih dahulu. Pastikan juga payudara anda bersih, namun tidak perlu untuk mencucinya.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memompa ASI. Mulai dari memijatnya menggunakan tangan, menggunakan alat pompa manual, dan juga alat pompa otomatis. Metode yang anda gunakan sangat bergantung pada kebutuhan anda sendiri.

Untuk memulai memompa ASI, anda dapat mengompresnya menggunakan air hangat, memijat lembut, atau juga duduk dengan santai. Anda juga dapat melihat foto bayi anda ataupun memegang selimut atau baju bayi anda yang masih tercium bau bayi anda.

Nah, ladies, bagaimana? Mudah bukan cara memompa ASI? Jangan lupa siapkan juga botol-botol penyimpanan untuk ASI anda.

Oleh Lies Nureni

(vem/sfg)





ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

27 Oktober - 2 November
Sibuk sibuk dan sibuk Bersabar dan fokus merupakan hal yang harus...