Perawatan Bayi Kuning Gara-Gara ASI

Selasa, 02 Juli 2013 23:25



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Ladies, apakah Anda tahu bahwa kekuningan yang diderita oleh bayi yang baru lahir ternyata bisa saja disebabkan oleh kekurangan ASI dan ASI itu sendiri?

Seperti yang dilansir oleh americanpregnancy.org, terdapat dua penyebab bayi menjadi kuning (jaundice), yaitu ASI dan kekurangan ASI. Kekuningan yang diakibatkan oleh ASI merupakan penyakit turunan. Sedangkan penyakit kekuningan juga bisa muncul karena kekurangan ASI.

Walaupun mirip, namun kedua penyebab itu tidak berhubungan satu sama lain. Untungnya, perawatan dan pengobatan untuk kedua penyakit tersebut relatif sama.

Pertama, kedua penyakit kuning itu bisa disembuhkan dengan memberikan ASI selama 8-12 jam setiap harinya. Kemudian, akan lebih baik bagi Anda dan bayi Anda apabila Anda menyusui di bawah supervisi bidan.

Bekerja sama dengan bidan juga akan sangat membantu, terlebih apabila Anda disarankan untuk memberikan suplemen tambahan bagi bayi Anda. Tidak hanya itu, pada kasus ini, Anda juga bisa memompa payudara Anda untuk mencampurkan suplemen untuk konsumsi bayi Anda.

Selanjutnya, Anda sebaiknya mengusahakan agar pemberian ASI kepada bayi Anda tidak terganggu dan rutin. Pasalnya, jadwal pemberian ASI yang terganggu bisa mempengaruhi perkembangan pencernaan bayi, sehingga pembuangan bilirubin juga terganggu.

Kemudian, apabila Anda meninginkan fototerapi, Anda juga disarankan untuk meminta pertimbangan terlebih dahulu kepada dokter Anda mengenai selimut optik. Dengan alat tersebut Anda bisa menyusui tanpa terganggu di rumah Anda dengan nyaman.

Oleh: Nastiti Prima

(vem/tyn)







ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Leo

25 Agustus - 31 Agustus
Akan ada beberapa pihak yang memaksakan kehendak mereka terhadap Anda Jika...