/relationship/ibu-bayi-dan-balita/24199-mengatasi-gangguan-pencernaan-pada-anak.html

Mengatasi Gangguan Pencernaan pada Anak

Senin, 01 Juli 2013 14:39



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Perut anak-anak sangat sensitif. Salah makan sedikit dapat membuat mereka terkena gangguan pencernaan. Berikut ini adalah tips-tips mengatasi gangguan pencernaan yang sering dialami oleh si kecil, seperti yang dikutip dari webmd.com.  

1.    Diare

Untuk diare dengan level yang masih ringan, diare dapat diatasi sendiri oleh orang tua. Memberikan makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan dapat membantu mengatasi diare. Saat anak terserang diare, sebisa mungkin ladies harus mengurangi asupan gula untuk si kecil, misalnya tidak memberikan permen kepada si kecil untuk sementara waktu karena gula justru dapat memperparah diare. Sebagai gantinya berikan oatmeal dan pisang.

2.    Konstipasi

Cara paling ampuh untuk mengatasi konstipasi pada si kecil adalah memberikan asupan serat sebanyak-banyaknya pada si kecil. Ladies dapat memberikan sayuran, buah-buahan, sereal yang berserat tinggi, dan padi-padian kepada si kecil. Memberikan air putih dengan jumlah banyak juga sangat disarankan untuk mengatasi konstipasi.  

3.    Gangguan perut karena virus

a.    Berikan minuman berelektrolit pada si kecil untuk mengurangi tingkat dehidrasinya.

b.    Berikan makanan yang bertekstur lunak seperti bubur.

c.    Berikan makanan yang berprotein tinggi yang mudah tercerna seperti ayam atau telur orak arik. Protein sangat penting untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dari gangguan pada perut anak.

Oleh : Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/sfg)

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----






ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Sagitarius

15 Desember - 21 Desember
Hei jangan takut untuk berbuat lebih dibandingkan orang lain Sedikit usaha...