/relationship/ibu-bayi-dan-balita/23830-mengenali-tanda-tanda-bayi-yang-sudah-kenyang-menyusu.html

Mengenali Tanda-tanda Bayi yang Sudah Kenyang Menyusu

Jum'at, 28 Juni 2013 06:50



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Ibu baru seringkali khawatir apakah bayinya sudah cukup minum ASI. Bagaimana jika bayi masih lapar tapi ibu menghentikan proses menyusui? Atau ibu terlalu banyak memberi ASI pada bayi?

Tentu tidak keduanya yang diinginkan ibu. Asupan ASI yang cukup merupakan harapan setiap ibu. Nah, bagaimana caranya mengetahui hal tersebut? kidshealth.org memberikan beberapa informasi guna memudahkan ibu untuk mengenali hal tersebut.

Bayi yang sudah mendapat asupan ASI yang cukup akan menunjukkan tanda-tanda kenyang. Contohnya, dia akan melepaskan hisapannya pada puting ibu dan menjauh dari payudara. Dengan minum banyak, tentu saja BAK dan BAB juga akan mengimbangi. Asalkan bayi tidak terlalu sering BAB yang mengarah pada diare.

Bayi juga akan tidur dengan lebih nyenyak dan tidak mudah terusik. Saat bayi terbangun, dia juga akan lebih perhatian dan memiliki reflex yang baik terhadap keadaan disekitarnya. Tentu saja, pada akhirnya asupan makanan yang cukup akan berimbas pada kenaikan berat badan pada bayi yang sehat.

Jika Anda mengenali bahwa bayi Anda kurang asupan ASI dan masih merasa kesulitan untuk menyelesaikan masalah tersebut, jangan segan untuk bertanya pada dokter. Setelah melahirkan, Anda pasti memiliki jadwal untuk mengunjungi dokter, kan! Jangan malu untuk menanyakan masalah seputar ibu dan bayi.

Meskipun tidak bermasalah, bukan berarti juga Anda tidak memeriksakan diri sendiri dan bayi ke dokter atau klinik terdekat. Anda harus memeriksakan juga tumbuh kembang si kecil.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/sfg)





ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

27 Oktober - 2 November
Anda mengalami kegalauan di bidang karir Ladies Anda harus lebih banyak...