Sukses

Parenting

Cari Tahu Lima Mitos Dan Fakta Mengenai Buah Hati

Siapa yang tidak bahagia memiliki bayi yang lucu nan menggemaskan? Merawat bayi perkara susah-susah gampang karena membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Bila Anda baru memiliki bayi dan mendengar banyak nasihat mengenai cara merawat bayi Anda maka bisa beberapa di antaranya hanya mitos belaka. Yuk belajar menjadi ibu yang cerdas dengan mengetahui apakah selama ini yang Anda ketahui hanya mitos atau benar fakta?

1. Fakta: Tumbuh gigi membuat bayi demam

Banyak yang berkata bahwa tumbuh gigi membuat bayi demam namun tidak dapat menjelaskan alasannya. Fase tumbuh gigi bisa membuat bayi demam karena daya tahan bayi bisa saja sedang menurun ketika giginya tumbuh. Atau karena proses tumbuh gigi itu sakit maka berimbas pada suhu badan buah hati. Tetap berikan ASI atau susu seperti biasanya serta berikan madu untuk menjaga daya tahan tubuh bayi Anda.

2. Fakta: ASI adalah susu terbaik untuk bayi

Semua dokter menganjurkan agar bayi hanya mengonsumsi ASI hingga usia 6 bulan karena ASI adalah asupan terbaik untuk bayi. Hal ini benar karena ASI tidak akan terkontaminasi zat kimia apapun dan tidak mengandung pengawet apapun. Selama anda bisa dan mampu menyusui maka berikan ASI anda untuk bayi tercinta. Bila Anda tidak bisa menyusui pastikan susu formula yang bayi Anda konsumsi memiliki standar sterilisasi yang bagus dan penyajiannya juga harus benar sesuai takaran.

3. Mitos: bayi bisa diberi sedikit obat orang dewasa

Jangan pernah memberikan obat yang Anda konsumsi untuk bayi walau hanya dalam dosis yang sangat sedikit. Lebih baik periksakan ke dokter anak bila bayi Anda sakit karena dokter lebih tahu obat apa yang tepat untuk Bayi,

4. Fakta: Bayi meniru perilaku orang yang merawatnya

Bila ada yang berkata bersikap yang baik karena akan ditirukan sang buah hati maka hal itu benar adanya. Bayi akan mencontoh sikap orang tuanya walau secara tidak langsung. Contohnya adalah bila Anda suka berbicara dengan keras maka secara tidak langsung bayi Anda akan menirukannya dengan menangis dengan keras.

5. Mitos: Baby walker membantu bayi cepat berjalan

Baby walker sebenarnya hanyalah sarana untuk bayi belajar berjalan, bukan membantu bayi agar cepat belajar berjalan. Bayi tetap butuh belajar berjalan seperti mulai menggapai-gapai tembok, terjatuh, belajar berjalan lagi dan seterusnya. Membiasakan bayi berjalan dengan baby walker malah membuat buah hati malas untuk berjalan sendiri tanpa bantuan baby walker.

Merawat bayi dengan benar memang tidak bisa langsung bisa dan butuh banyak belajar. Cermat dan kritis dalam mencari tahu mitos dan fakta membantu Anda untuk membesarkan bayi Anda dengan benar tanpa melakukan sesuatu yang ternyata hanya mitos belaka.

BACA JUGA

Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Hamil

Kepala Bayi Ini Tertusuk Gunting Saat Orang Tua Bertengkar

Agar Tidak Keguguran di Trisemester Pertama

Bayi Bisa Cerdas Bila Ibunya Suka Jalan-Jalan di Taman

Bayi Kembar Lima di Ceko Lahir Selamat dan Sehat

(vem/Sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading