Sukses

Parenting

Apakah Alat Tes Kehamilan Itu Akurat?

Mendeteksi kehamilan di rumah dengan menggunakan alat tes kehamilan memang lebih praktis . Ketimbang harus bingung dan menebak-nebak sendiri, setidaknya ada salah satu cara membuktikan bahwa dugaan hamil dan keterlambatan haid adalah kehamilan.

Namun, apakah alat tes kehamilan memberikan hasil yang akurat? Ketahui beberapa informasi tentang alat tes kehamilan berikut ini.

Alat tes kehamilan bekerja dengan mendeteksi hormon chorionic gonadotrophin (hCG) di dalam urin yang menunjukkan bahwa telur yang dibuahi telah membentuk plasenta yang siap menjadi media penyalur nutrisi dan oksigen untuk bayi.

Cara menggunakan alat tes kehamilan itu sangat mudah. Namun harus digunakan air seni yang pertama kali keluar di pagi hari untuk menghasilkan tes yang akurat. Dianjurkan agar sebelum menggunakan tes tidak minum air terlebih dahulu, jadi biarkan sampai air seni pertama keluar.

Hasil dari tes ini umumnya dapat diketahui setelah 5 menit, dan akan muncul garis pertanda pada alat tersebut. Ada beragam alat dengan berbagai merk yang menunjukkan tanda kehamilan dengan cara berbeda:

a. Alat tes kehamilan yang menggunakan satu garis jika hasilnya negatif, dan dua garis jika hasilnya positif

b. Alat tes kehamilan yang menggunakan garis warna biru bila negatif, dan garis yang berwarna pink/merah apabila positif

c. Alat tes kehamilan yang menggunakan tanda - bila hasilnya negatif, dan tanda + jika hasilnya positif

d. Alat tes kehamilan yang memunculkan kata 'pregnant' atau 'not pregnant' yang sayangnya belum dijual di Indonesia

Seperti yang disebutkan di atas, keakuratan alat tes kehamilan ini dipertanyakan banyak wanita. Namun, produk-produk tersebut menurut hasil penelitian menunjukkan tingkat keakuratan 97%.

Pun demikian, Anda harus tetap mempertimbangkan situasi dan kondisi tubuh Anda. Dan apakah Anda telah mengikuti semua instruksi penggunaan di kemasan alat tersebut dengan baik. Disarankan apabila Anda masih tidak yakin setelah menggunakan alat tes kehamilan, coba hingga 2 - 3 hari berturut-turut. Hasilnya akan terlihat dan lebih akurat. Setelah itu, segera lakukan konsultasi pada dokter untuk memantau perkembangan janin Anda. [initial]

BACA JUGA:

Mitos Mengenai Seks Pertama (Yang Masih Dipercaya)

Tips Atasi Mual Ibu Hamil

7 Seleb Yang Saat Ini Sedang Hamil

10 Mitos Salah Untuk Mencegah Kehamilan

10 Hal Lain Yang Menyebabkan Haid Jadi Terlambat

Ngidam Saat Hamil, Harus Dituruti Atau Tidak?

5 Posisi Seks Agar Cepat Hamil

5 Mitos Aneh Seputar Bayi Kembar

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading