Sakit Pada Miss V Setelah Melahirkan, Kenapa Ya?

Sabtu, 08 Juni 2013 13:30



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Setelah melahirkan, ada kalanya badan terasa sakit semua. Hal ini adalah efek dari pasca melahirkan, dan mungkin akan bertahan selama beberapa minggu yang membuat Anda tidur tak nyenyak.

Satu hal lagi yang jadi keluhan wanita sehabis melahirkan, miss V terasa nyeri dan kadang sakit. Mengapa demikian?

Dikutip dari boldsky, beberapa penyebab miss V sakit setelah melahirkan adalah sebagai berikut:

Tekanan saat melahirkan

Yang dimaksud tekanan di sini adalah tekanan di antara rectum dan miss V. Seringkali terjadi pada kelahiran secara normal, di mana kepala bayi keluar dan menekan dinding-dinding luar miss V. Terkadang, tekanan tersebut meninggalkan rasa trauma dan sakit di sekitar miss V, yang akan hilang dalam beberapa minggu.

Dan, rasa sakit itu akan bertahan sehingga membuat Anda jadi merasa tidak nyaman.

Cedera otot

Adalah sebagian tekanan pada saat bayi keluar melalui miss V yang membuat otot cedera. Otot sedikit robek sehingga membutuhkan waktu untuk sembuh. Waktu tersebut sebenarnya tidak terlalu lama, berkisar antara 1-2 minggu, pun demikian sakitnya terkadang agak mengganggu. Dan menyebabkan kesulitan buang air kecil atau buang air besar.

Episiotomy

Adalah tindakan di mana bayi tersangkut di leher miss V, dan biasa terjadi pada kelahiran normal pertama. Umumnya, dokter akan memotong miss V untuk membantu si bayi keluar. Sayangnya, pada episiotomy tidak hanya kulit saja yang terpotong, terkadang otot juga ikut terpotong. Inilah sebabnya rasa sakit itu akan mengganggu wanita sehabis melahirkan.

Karena bagian yang terpotong tak hanya kulit, melainkan otot, maka proses penyembuhannya memakan waktu lebih lama, bahkan bisa memakan waktu sebulan.

Untuk membantu meringankan rasa sakit tersebut, biasanya dokter dapat membantu Anda dengan memberikan beberapa obat. Untuk itu, segera ceritakan pada dokter keluhan Anda sehingga ia dapat segera membantu Anda. (vem/bee)

BACA JUGA:

5 Mitos Aneh Seputar Bayi Kembar

Kasihan, Anak Perempuan 5 Tahun Melahirkan Bayi Laki-Laki

Melahirkan Bayi Laki-laki Bahayakan Kesehatan Ibu?

5 Perubahan Tubuh Wanita Setelah Melahirkan

Resep Langsing Lagi Setelah Melahirkan

Bahaya Aborsi, Risiko Lahir Prematur di Kehamilan Selanjutnya








ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Leo

25 Agustus - 31 Agustus
Akan ada beberapa pihak yang memaksakan kehendak mereka terhadap Anda Jika...