Sukses

Parenting

Yang Tak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Kalau hamil kenapa sih tidak boleh makan ini itu? Uh, bikin bete ya. Tenang Bun, sekalipun ada pantangan ini itu, sebenarnya tujuannya baik kok.

Tak hanya sekedar mitos belaka, beberapa pantangan makanan ibu hamil sudah diuji secara medis. Dan menurut APA atau American Pregnancy Association, berikut adalah makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil sepanjang masa kehamilan.

Daging atau ikan mentah

Anda harus menahan dan menunda hobby makan sushi untuk sementara waktu. Daging atau ikan mentah yang dikonsumsi tanpa dimasak dulu membawa resiko bakteri berbahaya seperti toxoplasma dan salmonella.

Ikan bermerkuri

Ya tentu saja kita tidak akan mau mengonsumsi ikan apabila ia mengandung merkuri. Tetapi, bagaimana kita tahu ikan tersebut bermerkuri atau tidak?

Memang tak mudah membedakan ikan yang mengandung merkuri atau tidak. Tetapi setidaknya hindari saja makanan-makanan kalengan dan pilih ikan segar di pasar.

Telur mentah atau setengah matang

Masih soal yang mentah-mentah, telur mentah atau setengah matang juga berbahaya bagi ibu hamil karena umumnya ada bakteri salmonella di sana.

Soft cheese

Hindari keju-keju impor karena kabarnya keju impor mengandung bakteri listeria yang dapat menyebabkan perdarahan atau keguguran.

Salad dressing

Kalau biasanya salad dimakan dengan sausnya, kali ini Anda terpaksa harus menahan nafsu dan memilih saus madu saja. Umumnya, salad dressing terbuat dari telur mentah atau setengah matang.

Saus apa saja yang harus dihindari? mayonese, custard, thousand island, dan lain sebagainya.

Susu non pasteurisasi

Sama dengan soft cheese, susu non pasteurisasi juga mengandung bakteri listeria. Sehingga lebih aman memilih susu khusus untuk ibu hamil.

Kafein

Beberapa studi mengatakan bahwa akan lebih baik apabila ibu hamil tidak mengonsumsi kafein. Di sebagian kasus, kafein ditemukan berpengaruh besar terhadap keguguran terutama pada usia kehamilan tri semester.

Kafein sendiri sejatinya mengandung zat diuretic sehingga dapat menyebabkan tubuh dehidrasi dan kurang kalsium.

Alkohol

Yang TAK BOLEH DIKONSUMSI oleh ibu hamil adalah alkohol. Berapapun jumlahnya, sekalipun hanya sedikit, alkohol dapat mengancam gagal ginjal hingga penyakit jantung. Alkohol sendiri adalah racun yang dapat mengacaukan sistem syaraf apabila dikonsumsi secara terus menerus.

Sayuran mentah

Ibu hamil juga disarankan menghindari sayuran mentah. Selain ancaman toxoplasma, kandungan pestisida yang masih terbawa sayuran dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

Nah, Bunda, hati-hati ya menjaga kehamilan sejak dini. Mari SHARE artikel ini untuk menekan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading