Ngidam Saat Hamil, Harus Dituruti Atau Tidak?

Selasa, 05 Februari 2013 09:00



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Masa kehamilan identik dengan ngidam. Ngidam menjadi begitu populer umumnya karena dua hal. Pertama karena hal yang diidamkan kadang aneh-aneh. Misalnya ngidam perutnya dielus oleh orang tertentu yang cukup sulit untuk mendapatkannya.

Yang kedua adalah waktu ngidam yang tidak tentu. Tidak sedikit wanita hamil yang ngidam di tengah malam atau dini hari. Kebiasaan unik wanita hamil ini kemudian menjadi turun-temurun hingga pada generasi kita. Untuk Anda yang saat ini sedang hamil dan mengalami ngidam maupun tidak, yuk kita kupas mengenai fenomena ngidam ini.

Mengapa wanita hamil ngidam?

Ngidam pada wanita hamil, sedikit mirip dengan nafsu makan ketika kita tidak benar-benar lapar. Bila kita ngidam makanan, sebenarnya kita sedang membutuhkan zat-zat tertentu yang ada dalam makanan yang kita idamkan tersebut. Misalnya ketika kita ngidam makan coklat manis. Bisa jadi tubuh kita sedang membutuhkan gula.

Lalu bagaimana kalau ngidamnya aneh-aneh? Ingin perut dielus artis misalnya. Memang ngidam tidak melulu soal makan dan kebutuhan fisik, namun juga berhubungan dengan psikologi. Mengingat pengaruh hormon yang mirip-mirip masa menstruasi.

Mengapa ngidam sering terjadi di waktu yang tidak umum?

Mungkin kita sering mendengar kisah mengenai wanita yang ngidam di tengah malam. Ngidam memang seringkali terjadi di waktu yang tidak umum. Misalnya dini hari, ngidam sesuatu yang sedang tidak musim dan sebagainya. Ngidam ini menunjukkan kebutuhan akan rasa nyaman dan seringkali untuk bisa memenuhi hal tersebut, sang suami memang harus memahami sindrom ini.

Apakah ngidam harus selalu dipenuhi?

Memang pada beberapa kasus ngidam, beberapa wanita jadi rewel dan ingin dipenuhi keinginannya. Namun ada baiknya untuk membatasi ngidam Anda. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah kesehatan. Jika ngidam Anda berhubungan dengan makanan, pastikan Anda mengonsumsi makanan seimbang dan tidak berlebihan.

Bila ngidam Anda bersifat non makanan, seperti ingin melakukan sesuatu yang aneh, selama masih tidak menyulitkan orang-orang di sisi Anda, mungkin tidak apa-apa. Namun menuruti segala keinginan yang menyulitkan juga kurang baik dan sebaiknya ditahan. Mungkin sebenarnya ANda hanya membutuhkan perhatian dari orang terdekat.

Bagaimana mengalihkan perhatian saat ngidam?

Lakukanlah kegiatan yang bermanfaat dan tidak membuat Anda bosan. Misalnya berjalan -jalan ke luar rumah, melakukan hobi, membaca buku atau majalah. Dengan demikian, Anda akan teralihkan dari keinginan ngidam yang aneh-aneh. Pastikan Anda mengetahui kapan Anda membutuhkan suasana yang tenang dan kapan Anda membutuhkan teman bicara.

Nah, inilah beberapa tips ngidam yang bisa membuat Anda lebih nyaman selama masa kehamilan. Stay health, Mommies.

(vem/gil)







ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

28 Juli - 3 Agustus
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...