/relationship/ibu-bayi-dan-balita/15760-ngidam-saat-hamil-itu-normal-kok.html

Ngidam Saat Hamil? Itu Normal Kok

Rabu, 03 Oktober 2012 13:00



(c) shutterstock

Vemale.com - Beberapa waktu lalu, tim Vemale terjebak dalam obrolan bahwa ngidam itu sebenarnya tidak ada. Ngidam hanya bagian dari kemanjaan wanita saat hamil agar mendapatkan perhatian dari suami. Padahal, ngidam bisa dialami wanita hamil di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia.

Dialami Wanita Hamil di Seluruh Dunia

Jika ada yang mengatakan ngidam makanan tertentu hanya terjadi pada wanita hamil di Indonesia, berikan data ini! Berdasarkan laporan Babycentre, sebuah survey diadakan di Amerika Serikat dengan hasil sebagai berikut:

  • 85 persen wanita hamil ngidam makanan tertentu saat hamil.
  • Hampir 40 persen wanita ingin menikmati makanan manis.
  • Sekitar 33 persen memilih snack gurih atau asin.
  • Sementara itu, 17 persen wanita ingin makanan berbumbu dan pedas.
  • Hanya 10 persen yang ngidam buah-buahan segar seperti jeruk, apel dan sebagainya.

Mengapa wanita hamil menginginkan makanan tertentu? Menurut para ahli, hal tersebut terjadi karena tubuh memberi sinyal agar sang ibu hamil mengonsumsi zat penting yang sedang dibutuhkan tubuh. Misalnya, saat wanita ingin makanan manis, bisa jadi dia membutuhkan kalori yang bertambah saat hamil, saat ingin makanan olahan daging, bisa jadi itu sebagai sinyal tubuh memerlukan zat besi.

Hal Yang Normal

Wanita yang memasuki awal kehamilan hingga satu trimester pertama cenderung tidak menyukai makanan dengan rasa pahit dan lebih sensitif. Hal tersebut merupakan perlindungan alami agar sang wanita tidak mengonsumsi makanan beracun yang identik dengan rasa pahit dan getir, demikian laporan dari situs Parents.

Wanita pada trimester kedua dan ketiga cenderung menyukai makanan dengan rasa asam untuk menetralkan rasa mual sehingga dapat mengonsumsi berbagai makanan. Sedangkan keinginan menikmati makanan asin bertambah seiring membesarnya kandungan, karena tubuh memerlukan banyak sodium.

Reda Dengan Pelukan

Anda boleh saja bangun tengah malam untuk meminta suami membelikan bakso yang harus disajikan dalam mangkuk bergambar ayam jago. Ngidam memang tidak selamanya karena sinyal tubuh memerlukan nutrisi tertentu. Efek psikologis wanita hamil kadang ingin perhatian lebih dari suami, sehingga permintaan makanan sering aneh.

Yang harus diperhatikan adalah.. jangan sampai ngidam yang Anda alami membuat berat badan bertambah di luar batas yang disarankan untuk ibu hamil. Konsultasikan masalah ngidam ini pada dokter, apalagi jika ngidam yang Anda alami cenderung mengarah pada makanan junk food.

Satu hal lagi, menurut para ahli dari Babycentre, jika ngidam yang dialami adalah ngidam psikologis karena ingin diperhatikan suami, sebuah pelukan biasanya akan meredakan ngidam sang ibu hamil. Silakan dicoba, bunda :)

(vem/yel)





ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

17 November - 23 November
Masalah pekerjaan tidak ada masalah Anda mendapatkan banyak sekali tawaran side...