Sukses

Parenting

Melahirkan Normal Atau Caesar, Mana Yang Lebih Baik?

Proses persalinan menjadi hal yang mendebarkan bagi para wanita. Beberapa wanita ingin melahirkan secara normal, beberapa wanita ingin melahirkan normal tetapi harus melakukan operasi caesar, beberapa lagi ingin melahirkan caesar walaupun bisa melahirkan normal.

Perbedaan Melahirkan Normal dan Operasi Caesar

Kelahiran normal adalah proses melahirkan dengan cara alami, yaitu bayi akan keluar melalui jalan lahir atau vagina. Kelahiran normal dapat dilakukan semua wanita dengan kondisi kesehatan dan kondisi kehamilan yang baik. Sedangkan operasi caesar adalah proses kelahiran dengan cara operasi menyayat bagian bawah perut hingga bagian rahim. Biasanya operasi caesar menjadi pilihan bagi ibu yang mengalami masalah kesehatan atau faktor risiko lain pada kehamilan.

Mana Yang Lebih Baik?

Kelahiran alami sebenarnya adalah proses kelahiran yang paling baik. Tubuh wanita sudah dirancang untuk melalui proses kelahiran alami. Risiko kelahiran lebih kecil, proses pemulihan kelahiran normal jauh lebih cepat dibandingkan operasi caesar. Anggapan bahwa organ intim wanita akan kendor karena melahirkan normal tidak benar. Setelah melewati 40 hari, otot rahim dan vagina akan kembali pada ukuran semula dengan sendirinya.

Operasi caesar bisa menjadi pilihan bila sang ibu mengalami masalah kesehatan, panggul kecil, masalah pada bayi dan beberapa hal lain yang membuat kelahiran normal tidak dapat dilakukan. Biasanya, operasi caesar dilakukan untuk menurunkan risiko kematian pada ibu dan bayi.

Kelebihan dan Kekurangan

Pada proses melahirkan normal, akan terjadi rasa nyeri dan proses yang lebih panjang, mulai bukaan satu hingga proses melahirkan. Tetapi seperti yang sudah dijelaskan di atas, kelahiran normal memiliki risiko yang lebih kecil, pemulihan lebih cepat dan harga biaya yang lebih murah dibandingkan operasi caesar. Selain itu, proses persalinan normal akan memicu kelenjar susu memproduksi kolostrum pada ASI yang sangat baik untuk bayi.

Proses operasi caesar memerlukan waktu yang lebih singkat dibandingkan melahirkan normal. Rasa nyeri sebelum melahirkan lebih sedikit, sang ibu tidak perlu mengejan dan risiko meregangnya otot vagina lebih kecil. Tetapi operasi sekecil apapun memiliki risiko, termasuk operasi caesar. Risiko itu mulai dari infeksi bekas operasi hingga perdarahan. Masa pemulihan juga lebih lama dibanding melahirkan normal. Biaya untuk operasi caesar juga lebih besar.

Pilih Yang Mana?

Saat ini, banyak wanita yang memilih melakukan operasi caesar walaupun tidak memiliki masalah kesehatan atau masalah kehamilan. Kembali lagi pada Anda, memilih proses kelahiran normal atau caesar dapat diambil melalui kebijakan dokter dan mengutamakan keselamatan ibu dan bayi.

Mana yang akan Anda pilih, melahirkan normal atau operasi caesar? Silakan bagi di kolom komentar.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading