Sukses

Parenting

Tips Cerdas Atasi Kecanduan Ngemil Pada Ibu Hamil

Keinginan untuk ngemil saat hamil diakui oleh banyak wanita memang semakin meningkat seiring bertambahnya usia kandungan. Hal ini disebabkan oleh perasaan dan anggapan bahwa dengan banyak ngemil, maka janin juga ikut mendapatkan konsumsi energi dari ibu yang mengandungnya.

Namun, karena pada dasarnya ngemil tidak baik bagi kesehatan bahkan saat tidak mengandung sekalipun, maka ada baiknya keinginan ngemil yang berlebih pada saat hamil ditahan. Selain tidak baik bagi tubuh, kebiasaan ngemil juga tidak baik bagi janin.

"Makanan tertentu meningkatkan jumlah neurotransmitter di otak dan menyebabkan perubahan biokimia lainnya yang memberikan kenyamanan," kata Susan Albers, psikolog di klinik Cleveland sekaligus penulis buku Eating Mindfully.

Namun, tahukah Anda bahwa mengkonsumsi makanan secara tidak terkontrol juga akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda dan janin? Untuk mengurangi ketergantungan pada cemilan saat hamil, seperti dilansir dari Baby Center, berikut ini tips untuk mengurangi ketergantungan ibu hamil terhadap cemilan:

1. Buat catatan daftar makanan

Setiap harinya, buatlah catatan daftar makanan yang Anda konsumsi. Sertakan juga kesan saat Anda akan makan, sedang, dan sesudahnya. Apakah benar keinginan ngemil Anda karena keinginan emosional atau memang karena lapar. "Catat semua yang dimakan dan apapun yang Anda rasakan sebelum makan, saat makan, dan setelah Anda menghabiskan cemilan tersebut," kata Christine Gerbstadt, juru bicara American Dietic Association.

Jika Anda rutin menuliskan menu makanan Anda dan penyebabnya, Anda akan tahu dilatarbelakangi apa keinginan ngemil tersebut.

2. Hindari ngemil karena emosi

Untuk mengurangi kebiasaan ngemil yang diakibatkan oleh emosi yang tidak terkontrol, Gerbstadt menyarankan untuk makan sebelum Anda merasakan lapar.

"Untuk setiap makanan yang Anda konsumsi, campuran antara protein, karbohidrat, dan lemak bisa menjadi pilihan bagi Anda agar merasa puas dengan apa yang Anda makan."

Jika Anda sebelumnya telah membiasakan diri untuk makan dalam porsi yang kecil, maka Anda akan terbiasa dengan porsi mini tersebut. Sebaiknya, keinginan untuk ngemil sendiri alihkan dengan kegiatan lain seperti berjalan cepat dalam kurun waktu lima menit saja.

Beberapa studi menemukan bahwa dengan berjalan dapat membantu meningkatkan hormon serotonin dan membantu mengurangi tingkat kecemasan yang biasa dialihkan dengan ngemil. Selain itu, dengan menghipnotis dan melatih pikiran untuk tidak makan secara berlebihan juga perlu dilakukan agar tidak makan secara berlebihan.

"Setiap Anda ingin makan, alihkan perhatian Anda dengan melakukan aktivitas lain seperti mandi atau jalan-jalan." tukas Albers.

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading