/relationship/ibu-bayi-dan-balita/12770-15-fakta-kehamilan-tri-semester-akhir.html

15 Fakta Kehamilan Tri Semester Akhir

Minggu, 06 Mei 2012 07:00



(c) 123RF

Vemale.com - vemale.com-

Menjadi ibu untuk yang pertama kalinya seringkali membuat kita jadi gugup dan tegang. Tenang, Bunda, jangan tegang. Tetap rileks dan aktif membaca info, berbagi info serta bertanya pada dokter Anda.

Untuk melengkapi info Anda, berikut adalah 15 hal unik yang perlu diketahui selama kehamilan tri semester akhir.

Tahukah Anda bahwa di dalam kandungan, bayi juga sudah mulai minum dan pipis? Iya lho bun, di dalam kandunganpun mereka sudah mulai minum dan pipis cairan dari plasenta. Untuk itu, pastikan Anda tidak dehidrasi dan cukup minum.

  • Pada kehamilan usia 27 minggu, bayi sudah bisa melek dan membedakan mana yang terang dan gelap. Dan setelah lahir, ia sudah bisa melihat obyek yang berada di depan matanya, walaupun hanya sampai jarak 15 cm jauhnya.
  • Di usia kehamilan 28-32 minggu, berat bayi Anda bertambah 500 gram setiap minggunya. Tidak heran bila di usia kehamilan tri semester terakhir berat badan Anda bertambah drastis. 
  • Pada suhu 37,5 celcius, cairan di dalam rahim juga ikut hangat, suhu hangat ini dibutuhkan bayi untuk membangun jaringan lemak di dalam tubuhnya. 
  • Di usia kehamilan 35 minggu, pada umumnya bayi sudah berada di posisi siap lahir. 
  • Posisi longitudinal artinya posisi bayi vertikal, entah kepala di bawah atau di atas (sungsang). Posisi Transversal artinya posisi bayi horisontal. Dan posisi Oblique artinya posisi bayi diagonal. Pada usia 40 minggu, pada umumnya 95% bayi posisinya vertikal dan cephalic (posisi kepala di bawah), 4% pada posisi sungsang dan 1% saja yang posisinya diagonal. 
  • Otak bayi, ukurannya berkembang sangat cepat dan bertumbuh sekitar 2,5 cm setiap minggunya.
  • Di usia kehamilan 34 minggu, jabang bayi masih membutuhkan bantuan untuk bernafas, namun di usia 36 minggu ia dapat bernafas dengan paru-parunya secara mandiri. 
  • Rata-rata di usia kehamilan 35 minggu berat bayi mencapai 2,46 kilogram, tak heran apabila pinggul Anda sering sakit kan?
  • Di dalam rahim, bayi dibungkus sebuah lapisan yang disebut vernix. Sebuah substansi yang licin, bentuknya seperti balon berukuran tipis yang akan pecah dan membantu proses kelahiran. 
  • Bayi sudah bisa mendengar pada kehamilan 35 minggu, sehingga Anda harus mulai mengajaknya berbincang. 
  • Tulang bayi akan semakin berkembang dan mengeras, namun tengkoraknya akan tetap lembut sehingga mempermudah proses kelahiran. Setelah dilahirkan maka tulang ini semakin lama akan semakin keras. 
  • Di minggu ke 36, bayi akan bergeser posisinya dan kepala akan berada di bawah dekat pelvis. Di posisi ini ia sudah siap lahir. 
  • Pada usia kehamilan 37 minggu, bayi sudah benar-benar siap untuk dilahirkan. Bernafas, minum dari air susu, dan bergerak bebas. 
  • Hanya 5% bayi yang dilahirkan tepat pada hari yang sudah dijadwalkan.

Nah, begitu mengagumkan kehamilan itu ya, Bunda. Agar info ini tak hanya dibaca Bunda saja, bagikan info ini kepada sahabat lainnya yuk Share (vem/bee)

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----






ARTIKEL TERKAIT - IBU BAYI DAN BALITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Sagitarius

15 Desember - 21 Desember
Hei jangan takut untuk berbuat lebih dibandingkan orang lain Sedikit usaha...