Sukses

Parenting

Kesehatan Mulut Ibu Pengaruhi Kesehatan Janin

Vemale.com - Pada artikel terdahulu, kami pernah menuliskan sebuah hasil penelitian bahwa kesehatan rongga mulut berpengaruh besar pada kesuburan seorang wanita. Gangguan yang terjadi pada gusi dapat menjadi penghambat bila Anda ingin segera mengandung. Dan sekali lagi, tak hanya sampai di situ, Anda tetap harus memerhatikan kesehatan rongga mulut dalam kondisi apapun, terlebih lagi saat sedang mengandung. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kondisi rongga mulut yang buruk ternyata berbahaya untuk Anda dan janin Anda.

Sekalipun perawatan gigi hampir jarang dilakukan sebagai bagian dari konsultasi kehamilan, tetapi penelitian terbaru yang dilansir NewsmaxhealthmenemukanĀ  bahwa perubahan hormon selama masa kehamilan dapat membuat gusi wanita lebih rentan terhadap pembengkakan dan peradangan. Akibatnya, bakteri dapat menyebabkan penyakit gusi dan komplikasi kesehatan bagi ibu dan anak.

Penyakit periodontal (jaringan pendukung gigi) dapat memungkinkan bakteri untuk memasuki aliran darah dan menyebabkan infeksi pada wanita hamil dan bayi mereka. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara penyakit periodontal pada ibu dan risiko untuk melahirkan bayi prematur, serta gangguan lain yang mengancam keselamatan ibu dan sang janin.

Sebuah tinjauan penelitian oleh American Congress of Obstetricians and Gynecologiststelah menemukan banyak wanita hamil yang tidak memeriksakan kesehatan gigi dan rongga mulut pada dokter gigi secara rutin pada masa kehamilan.

"Merawat gigi dan gusi ibu harus dimulai sebelum dia mengandung," kata Dr Doron Kochman, spesialis gigi anak diĀ University of Rochester Strong Memorial Hospital, New York. "Idealnya, wanita yang berencana untuk hamil harus mengunjungi dokter gigi mereka dan mengobati masalah gigi hingga tuntas sebelum kehamilan. Ibu harus terus mengunjungi dokter gigi mereka untuk kontrol rutin selama kehamilan. "

Mayoritas dokter gigi menganjurkan tips berikut untuk ibu hamil:

  • Sikat gigi setidaknya dua kali sehari.
  • Membersihkan sela gigi dengan teratur.
  • Hindari makanan ringan yang banyak mengandung gula.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat, kaya serat dan seimbang.
  • Pemeriksaan gigi teratur.
(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading