Sukses

Parenting

3 Tips Membiasakan Anak Belajar Bilingual Selain Di Sekolah

Sekolah modern zaman sekarang kebanyakan sudah melengkapi kelas dengan fasilitas belajar bahasa asing, baik bilingual maupun multilingual. Anak diajarkan dan dibiasakan mengenal bahasa lain selain bahasa ibu-nya, bahkan sejak masih di PAUD.

Jika kamu termasuk ibu yang ingin anak bisa menguasai bahasa asing sejak kecil, kamu juga perlu ambil bagian dalam proses belajar anak, Moms. Anak tak hanya bisa belajar dari sekolah, akan lebih baik jika didukung pembelajarannya di rumah. Agar anak terbiasa dengan suasana menggunakan bahasa asing, orangtua bisa menggunakannya juga dalam kehidupan sehari-hari.

1. Belajarlah juga

Misalnya, jika kamu merasa tak begitu bisa menguasai Bahasa Inggris, belajarlah sedikit-demi sedikit dari sekarang. Belajar kata-kata sederhana yang biasa digunakan sehari-hari. Tak perlu memaksakan harus bagus secara tata bahasa. Akan lebih mudah jika kamu memang sudah menguasai Bahasa Inggris, jadi kamu bisa ngobrol dengan anak dengan Bahasa Inggris.

2. Beli buku untuk latihan

Kamu bisa membeli buku latihan, buku cerita atau CD lagu anak-anak untuk membiasakan anak dengan bahasa asing. Tidak harus dalam bentuk belajar serius di meja, kamu bisa menyamarkan dengan permainan. Make it fun. Anak-anak akan lebih suka jika diajak bernyanyi atau mendengarkan dongeng. Kamu juga bisa mencari aplikasi bahasa tertentu di Play Store atau Google untuk mendukung proses belajar.

3. Beri tahu apa manfaatnya

Jelaskan pada anak bahwa belajar bahasa asing akan membawa banyak manfaat untuk masa depannya. Jika kebetulan di sekolah ada anak bule, kamu bisa memberi contoh, dengan belajar bahasa tertentu, ia bisa ngobrol dengan mudah dengan semua orang.

Penguasaan bahasa asing memang sangat bisa membantu pendidikan anak di masa depan, namun pastikan kamu tidak memaksakan pada anak ya Moms. Pastikan anak nyaman saat belajar bahasa asing denganmu ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading