Sukses

Parenting

3 Cara Mengajarkan Anak Sikap Peduli Sejak Balita

Mendidik anak memang dimulai dari rumah, dari orangtua, terutama ibu, yang selalu dekat dan bersama dengan anak. Salah satu yang perlu Moms lakukan adalah mengajarkan anak menjadi anak yang punya empati dan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya.

Seperti yang juga dikatakan Carol Anne Wien, Ph.D., ahli perkembangan anak dan profesor York University, bahwa orang dewasa lah yang seharusnya mengajarkan anak rasa empati sejak dini. Ini adalah dasar anak menjalin hubungan sosial dengan sekitarnya.

    Beri kata-kata yang menunjukkan kepedulian

    Kapan pun anak menghadapi suatu momen di mana ia bisa mengekspresikan perasaannya dengan baik, Moms perlu mengajarkan sesuatu padanya. Misalnya saja saat ia terjatuh dan menangis, tanyakan padanya mengapa, lalu berikan kata-kata menenangkan seperti "Tidak apa-apa, sakitnya akan hilang kok. Cup...cup." Nantinya, anak akan melakukan hal yang sama jika teman atau saudaranya jatuh.

    Tunjukkan teladan

    Orangtua adalah contoh paling baik menunjukkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama maupun lingkungan. Misalnya menyayangi hewan peliharaan atau menyiram tanaman. Anak akan berlaku meniru orangtua, melihat bagaimana orangtua berinteraksi dan menjadikannya pedoman.

    Latihan sehari-hariĀ 

    Beri dia kesempatan untuk melatih rasa empati tersebut. Misalnya ketika ada temannya di sekolah TK sedang menangis karena berebut mainan, ajak anak untuk mendekati temannya dan meminjamkan mainan. Anak dengan sendirinya akan terbiasa, kapan ia harus peduli dengan yang lain dan sekitarnya.

Semua memang harus dimulai dari diri sendiri dulu Moms, jika kamu bisa membangun nuansa caring atau peduli dari dirimu sendiri terhadap orang lain dan lingkungan, anak juga akan belajar hal yang sama.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading