Sukses

Parenting

Awas Bumil, Ikan-Ikan Ini Yang Sebaiknya Tidak Kamu Makan

Ada banyak pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, seperti misalnya semua makanan mentah, yang asam-asam dan yang pedas. Tapi ada satu makanan lagi yang juga sebaiknya dihindari, yaitu ikan.

Ikan yang perlu dihindari berupa ikan-ikan laut. Secara umum, ikan memang bergizi, bahkan sangat dibutuhkan bumil karena kandungan protein, lemak sehat dan omega 3 yang baik untuk perkembangan janin. Tapi perlu diwaspadai juga bahwa tak semua ikan baik dikonsumsi.

Ikan-ikan laut berisiko mengandung merkuri yang menjadikan ikan-ikan laut berbahaya dikonsumsi. Pemerintah Amerika sendiri, U.S. Food and Drug Administration (FDA) dan U.S. Environmental Protection Agency (EPA), sudah mengeluarkan peringatan untuk membatasi konsumsi ikan tuna dan salmon bagi ibu hamil dan menyusui.

Masih boleh mengonsumsi ikan laut asal porsinya tidak banyak, misalnya 1-2 kali per minggu. Ikan-ikan laut dalam seperti tuna, hiu, ikan todak, marlin dan makarel termasuk yang tinggi merkuri. Sedangkan yang termasuk rendah merkuri seperti ikan salmon, udang dan ikan-ikan yang bisa hidup di air payau.

Kalau pun ingin memenuhi kebutuhan protein. Bisa dari makanan lainnya. Jika ingin memenuhi kebutuhan omega 3, bisa mengganti dengan konsumsi suplemen ya Moms.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading