Sukses

Lifestyle

Jadi Wanita Tertua di Dunia, Ini Rahasia Nenek Emma Morano

Memiliki umur panjang lagi tubuh sehat tentu menjadi sebuah berkah terindah dari Tuhan. Tapi nih ya, berbicara mengenai umur panjang, pada dasarnya ini tak bisa didapat dengan mudah begitu saja. Wajib hukumnya bagi kita yang ingin punya umur panjang untuk selalu memiliki pola hidup sehat dan menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya. Hal ini seperti yang diutarakan oleh seorang nenek bernama Emma Morano asal Brooklyn, New York berikut ini.

Dikutip dari laman mirror.co.uk, nenek Emma telah berusia 117 tahun. Ia tercatat sebagai wanita tertua di dunia setelah kematian wanita tertua sebelumnya yakni nenek Susannah Mushatt Jones (116) dan nenek Misao Okawa (117). Nenek Emma sendiri merupakan seorang wanita yang lahir pada tahun 1889. Ia adalah anak pertama dari 8 bersaudara. Ia lahir di Civiaso, Provinsi Vercerlli.

Nenek Emma | Photo: Copyright mirror.co.uk

Saat remaja, nenek Emma sangat suka dengan kesenian tari. Ia juga sangat suka dengan musik dan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan gerak tubuh. Hingga memasuki usia dewasa dan menikah, nenek Emma mengaku bahwa ia tetap suka dengan aktivitas seni tari. Ia juga sangat memperhatikan pola hidupnya dan menjaga dengan baik kesehatannya. Apalagi, setelah ia diberi tahu bahwa ia menderita sebuah penyakit mematikan.

Di usianya yang ke 20 tahun, dokter mendiagnosanya menderita anemia. Awalnya, ini membuat nenek Emma terpuruk dan tak yakin bahwa ia bisa bertahan lebih lama lagi. Tapi, dokter dan keluarganya senantiasa memberikan dukungan terbaik mereka untuknya dan mendorongnya untuk bertahan serta melawan penyakitnya. Dokter juga menyuruhnya untuk konsumsi 3 butir telur setiap harinya. Dua di antaranya adalah telur mentah. Ia juga disarankan konsumsi dark cokelat juga madu sebanyak segelas penuh setiap minggunya.

Beruntung, dengan menjalankan pola hidup yang lebih sehat dan pengobatan yang tepat, nenek Emma perlahan sembuh. Perlahan ia juga semakin bugar dan sehat. Hingga usianya yang ke 117 tahun ini, nenek Emma menjadi pribadi yang jarang sekali sakit. Ia juga senantiasa menerapkan pola hidupnya seperti saat ia masih muda. Ia rutin konsumsi 3 butir telur setiap harinya. Ia juga akan konsumsi cokelat serta madu. Walau ia tak sebugar dan sesehat saat ia masih muda, nenek Emma adalah seseorang wanita yang sehat jika mengingat usianya sudah terlalu tua.

Nenek Emma kini telah berusia 117 tahun dan dinyatakan sebagai wanita tertua di dunia | Photo: Copyright mirror.co.uk

Dari laporan yang ada, nenek Emma menikah pada tahun 1926. Sebelas tahun kemudian yakni tahun 1937, nenek Emma melahirkan seorang anak. Sayang, saat sang anak berusia 6 bulan, ia meninggal dunia. Satu tahun kemudian, suaminya pergi ke medan perang di perang dunia II. Lagi-lagi sayang, suaminya tak pernah pulang dari medan perang. Sejak saat itulah, nenek Emma memutuskan untuk tinggal dan menghidupi dirinya sendiri. Saat ini, ia tinggal di sebuah panti jompo di Brooklyn.

Seorang perawat di panti jompo mengatakan, "Ia adalah wanita yang hebat. Saat ini kakinya sangat lemah untuk berjalan. Baik siang atau malam, ia lebih banyak tidur. Meski begitu, ia sangat mengesankan dan kondisinya baik-baik saja." Buat nenek Emma, senantiasa sehat dan selalu panjang umur ya. Kalau kamu ingin punya umur yang panjang pula, pastikan untuk memiliki pola hidup sehat pula ya Ladies. Jangan lupa untuk miliki istirahat dan olahraga cukup setiap harinya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading